Sederet Manfaat Semangka untuk Kecantikan Kulit, Nomor 4 Penting Banget

- Minggu, 27 Maret 2022 | 11:35 WIB
Ilustrasi wanita makan semangka  (Pixabay.com)
Ilustrasi wanita makan semangka (Pixabay.com)

HALUANPADANG - Buah semangka disukai karena menyegarkan dan nikmat. Kandungan airnya yang tinggi dapat menghidrasi tubuh terutama di saat cuaca panas.

Selain itu, semangka juga telah terbukti meningkatkan kesehatan kulit. Berkat nutrisinya, semangka dapat membantu membuat kulit yang lebih cerah, halus, dan kenyal.

Semangka mengandung berbagai vitamin esensial dan antioksidan yang meningkatkan kesehatan kulit.

"Semangka memiliki vitamin A, C, dan E, serta jumlah air yang tinggi, yang semuanya meningkatkan hidrasi kulit dan stimulasi kolagen," ujar dokter kulit bersertifikat dan pendiri Pusat Kanker Kulit & Bedah Kosmetik New Jersey, Adriana Lombardi, kepada Mind Body Green.

Vitamin A, C, dan E merupakan bagian integral dari produksi kolagen. Makan semangka serta mengoleskannya ke kulit dapat memberikan anti-penuaan, hidrasi, dan perlindungan dari kerusakan akibat radikal bebas.

1. Kulit awet muda

Manfaat utama perawatan kulit semangka adalah kemampuannya untuk meningkatkan produksi kolagen berkat vitamin C. "Ini merangsang produksi kolagen sehingga menebalkan kulit dan memperbaiki garis-garis halus," menurut dermatolog bersertifikat NYC Debra Jaliman.

Selain merangsang kolagen, vitamin C juga terbukti menstabilkan kolagen yang sama untuk manfaat jangka panjang yang serius. Jadi, vitamin C tidak hanya meminimalkan garis-garis halus dan kerutan, tetapi juga mencegahnya muncul kembali.

2. Menghidrasi

Bukan rahasia lagi bahwa semangka mengandung banyak air. Tetapi baik vitamin E dan vitamin C juga memiliki manfaat pelembap. Vitamin C juga telah terbukti mengurangi hilangnya kelembapan. Intinya, vitamin E memberikan kelembapan; vitamin C membantu menguncinya agar kulit yang kenyal dan sehat secara keseluruhan.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Tempo.co

Tags

Terkini

4 Tips Memakai Lipstik Berwarna Merah, Anti Menor!

Selasa, 18 Januari 2022 | 12:01 WIB

Cek! Begini Cara Mengetahui Skin Care Abal-Abal

Rabu, 22 Desember 2021 | 08:00 WIB

Yuk Kenali Jenis-Jenis Pembalut Wanita!

Selasa, 21 Desember 2021 | 08:43 WIB

Pahami Sebelum Menggunakan, Ini 6 Efek Minum Pil KB

Kamis, 4 November 2021 | 08:50 WIB
X