Akhirnya! Pil Pencegah Kehamilan yang Bisa Diminum Pria Sudah Ada, Ibu-ibu Boleh Lega

- Jumat, 25 Maret 2022 | 12:35 WIB
Ilustrasi Pil KB pria (Pixabay.com)
Ilustrasi Pil KB pria (Pixabay.com)

HALUANPADANG - Kaum hawa kini bisa sedikit bernapas lega. Pasalnya kelompok ilmuwan dari University of Minnesota berhasil menemukan efektivitas pil pencegah kehamilan yang bisa dikonsumsi oleh pria.

Artinya, kini peran kaum adam untuk ikut membantu perempuan melakukan pencegahan kehamilan juga terbuka lebar. Pasalnya sejak pil kontrasepsi untuk perempuan ditemukan di tahun 1960-an, belum juga ada satu pun pil yang sama dibuat untuk kaum hawa.

Saat ini pilihan yang tersedia buat para lelaki untuk mencegah kehamilan adalah kondom dan vasektomi.

Baca Juga: Dukung ASI Eksklusif dan Cegah Stunting, BKKBN Sumbar Luncurkan Pil KB POP untuk Ibu Menyusui

Hadirnya pil yang dikembangkan kelompok ilmuwan dari University of Minnesota memang bisa membuka harapan. Pasalnya penelitian yang mereka lakukan menunjukkan kemajuan yang berarti.

Hal itu ditandai oleh perkembangan tikus-tikus laboratorium yang telah mengonsumsi pil itu.

Situs The New Atlas menyebutkan tikus-tikus itu memperlihatkan tanda pencegahan kehamilan yang efektif dan reversibilitas dalam beberapa minggu, Selain itu sama sekali tidak ditemukan efek samping dari konsumsi pil itu.

“Para ilmuwan telah mencoba selama beberapa dekade untuk mengembangkan kontrasepsi oral pria yang efektif, tetapi masih belum ada pil yang disetujui di pasaran,” kata Md Abdullah Al Noman dari University of Minnesota.

Mereka juga memaparkan saat ini upaya yang telah dilakukan untuk kontrasepsi oral kaum adam cukup riskan. Pasalnya pengembangan dilakukan dengan menargetkan testosteron hormon seks pria.

Alhasil para lelaki kemungkinan mengaklami efek samping seperti penambahan berat badan, depresi dan peningkatan kadar kolesterol low-density lipoprotein (dikenal sebagai LDL).

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: sindonews.com

Tags

Terkini

4 Tips Memakai Lipstik Berwarna Merah, Anti Menor!

Selasa, 18 Januari 2022 | 12:01 WIB

Cek! Begini Cara Mengetahui Skin Care Abal-Abal

Rabu, 22 Desember 2021 | 08:00 WIB

Yuk Kenali Jenis-Jenis Pembalut Wanita!

Selasa, 21 Desember 2021 | 08:43 WIB

Pahami Sebelum Menggunakan, Ini 6 Efek Minum Pil KB

Kamis, 4 November 2021 | 08:50 WIB
X