Polemik Childfree dan Alasan Wanita Masa Kini Enggan Memiliki Anak

- Rabu, 15 September 2021 | 10:25 WIB
Ilustrasi Childfree
Ilustrasi Childfree

 

HALUANPADANG.COM – Belakangan ini semakin banyak wanita yang terang-terangan menyuarakan bahwa mereka tidak ingin memiliki anak. Hal ini dikenal dengan istilah childfree.

Keputusan tersebut memicu polemik dan kritikan karena bagi mayoritas masyarakat, salah satu fungsi penting dari pernikahan adalah meneruskan keturunan.

Menurut sebuah survei yang dilakukan oleh Modern Motherhood Report menunjukkan bahwa 22 persen wanita tidak setuju dengan pasangannya perihal memiliki anak. Survei ini dilakukan pada 3.000 wanita dengan rentang usia 28-45 tahun.

Hasil lain dari survei ini menunjukkan bahwa 36 persen wanita merasa ragu untuk memiliki anak.

Kemudian penelitian juga dilakukan oleh Urban Institute, dimana didapatkan data bahwa tingkat kelahiran di kalangan wanita berusia 20-an telah turun 15 persen. Adapun penelitian lain dari Pew yang menyebutkan bahwa jumlah pasangan tanpa anak meningkat drastis, sekitar dua kali lipat sejak tahun 1970.

Berbagai alasan mendasari pengambilan keputusan oleh wanita pada generasi milenial seperti sekarang ini. Seringkali mereka tidak mau punya anak karena memiliki alasan seperti lebih tertarik dan ingin fokus pada karier, pendidikan hingga tujuan hidup lainnya.

Berikut alasan yang memengaruhi wanita tidak ingin memiliki seorang anak

1. Populasi Manusia di Dunia Sudah Berlimpah

Bagi sebagian wanita, kehadiran seorang anak di tengah-tengah kehidupan dengan pasangan akan menambah populasi manusia. Populasi manusia dinilai sudah tidak terkendali.

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Sumber: Minews.id

Tags

Terkini

Tampil Modis Tanpa Harus Bikin Kantong Menangis

Selasa, 31 Agustus 2021 | 15:10 WIB

Kisah Dita, Menjadi Ibu Meski Terlahir Tanpa Rahim

Senin, 30 Agustus 2021 | 11:24 WIB

Homeleisure Wear, Tren Fashion di Era Pandemi

Jumat, 27 Agustus 2021 | 11:12 WIB

Manfaat Lain Vaksin Bagi Ibu Hamil

Kamis, 26 Agustus 2021 | 14:53 WIB
X