Viral Pohon Pisang Raksasa, Batangnya Berdiameter 1,8 Meter dan Tinggi Lebih dari 4 Meter

- Senin, 4 April 2022 | 15:35 WIB
Pohon pisang raksasa yang diberi nama Aladin tumbuh di kebun porang milik Ladi, warga Desa Jurug, Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo. [Foto: Gayuh Satria/Jatimnet]
Pohon pisang raksasa yang diberi nama Aladin tumbuh di kebun porang milik Ladi, warga Desa Jurug, Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo. [Foto: Gayuh Satria/Jatimnet]

HALUANPADANG - Desa Jurug, Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, tiba-tiba menjadi buah bibir warga sekitar lantaran ada satu tanaman unik yang tumbuh tidak lazim seperti tanaman sejenis lainnya.

Tanaman tersebut berupa pohon pisang yang berukuran tidak lazim, seperti pohon pisang pada umumnya. Pohon pisang yang tumbuh di kebun porang milik Ladi (68) tumbuh menjulang tinggi hingga lebih 4 meter dengan diameter batang mencapai 1,8 meter.

Sementara jumlah daun pohon pisang yang tergolong unik ini mencapai belasan lembar dan tetap utuh meski sering diterpa angin.

Baca Juga: Viral! Ikan Tapah Raksasa di Sungai Padang Ditangkap Warga

“Usianya sudah dua kali musim tanam porang, sejak tahun lalu, jadi sekitar 1,5 tahun,” katanya seperti dilansir Suara.com pada Kamis (3/3/2022).

Pohon pisang ini diketahui sudah berumur 1,5 tahun. Namun belum menampakan tunas anakan atau jantung pisang. Bahkan, pelepah daun pisang harus diikat tali karena tumbuh melebar dan dikhawatirkan jatuh menimpa porang di bawahnya.

Ladi sendiri mengaku tidak mengetahui pasti tumbuhnya pohon pisang unik tersebut. Ia menceritakan, awal mula tumbuhnya sebelum menanam porang, hanya menanam jagung dan tanaman holtikultura lainnya.

Setelah itu, ia beralih menanam porang melalui sistem biji atau yang sering disebut katak.

Baca Juga: Viral Pernikahan Beda Agama, UAS Ingatkan Hal Ini

“Setelah katak saya tanam, yang lainnya tumbuh seperti porang pada umumnya, tapi ada satu yang tumbuh seperti jagung, saya biarkan tumbuh hingga terselihat seperti pisang raksasa ini,” katanya.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: suara.com

Tags

Terkini

X