Will Smith Disebut Derita Gangguan Impulsif Usai Insiden di Oscar 2022, Penyakit Apa Itu?

- Selasa, 29 Maret 2022 | 13:35 WIB
Insiden antara Chris Rock dan Will Smith pada gelaran Oscar 2022 (Ist)
Insiden antara Chris Rock dan Will Smith pada gelaran Oscar 2022 (Ist)

HALUANPADANG - Aksi Will Smith menampar Chris Rock di panggung Oscar 2022 menuai polemik dan jadi perbincangan dunia saat ini.

Bahkan, Howard Stern, pengacara sukses di Amerika Serikat, menilai apa yang dilakukan Smith menandakan dirinya punya penyakit mental serius.

"Apa yang dilakukan Smith di panggung Oscar 2022 itu adalah tanda penyakit mental yang serius, karena Anda tidak mampu mengendalikan dorongan dari diri," terang Stern dikutip dari News.au, Selasa (29/3/2022).

Baca Juga: Gegara Aksi Tampar di Panggung, Will Smith Terancam Diminta Kembalikan Piala Oscar 2022

Stern mengatakan juga bahwa perilaku Will Smith memukul Chris Rock itu menandakan bahwa aktor King Richard tersebut memiliki masalah nyata yang perlu penanganan serius.

"Sebab, dia tidak berpikir dua kali tentang apa yang dilakukannya. Ketika Anda tak bisa menahan diri seperti itu, artinya ada yang salah dengan diri Anda," lanjutnya.

Dari apa yang disampaikan Stern tersebut, poin utama yang disorot adalah perilaku Will Smith tak bisa mengontrol dorongan dalam diri. Mengacu pada pernyataan tersebut, kondisi yang dimaksud Stern mungkin gangguan impulsif.

Gangguan impulsif sendiri adalah ketika Anda bertindak cepat tanpa memikirkan konsekuensinya. Tidak ada yang Anda pikirkan saat momen itu terjadi.

Impulsif bahkan dikatakan sebagai gejala dari gangguan kesehatan mental lainnya. Untuk itu, perlu pemeriksaan menyeluruh terhadap individu tersebut sebelum akhirnya bisa mendiagnosa atau memberi cap tertentu.

Sifat impulsif datang secara spontan. Makanya, orang dengan gangguan impulsif itu bisa saja merusak atau bertindak kasar kepada orang lain saat marah. Apa yang dilakukannya itu di luar dari kendali kontrol diri.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Okezone.com

Tags

Terkini

X