Hati-hati!Jual NFT Foto KTP di OpenSea Bisa Dipenjara Hingga Denda 1 Miliar

- Senin, 17 Januari 2022 | 17:12 WIB
Fenomena Ghozali membuat banyak warganet ingin mencoba perutungan di OpenSea dnegan mengunggah berbagai foto mulai dari makanan hingga KTP. (Twitter)
Fenomena Ghozali membuat banyak warganet ingin mencoba perutungan di OpenSea dnegan mengunggah berbagai foto mulai dari makanan hingga KTP. (Twitter)

HALUAN PADANG – Jagat maya tengah diramaikan dengan fenomena Ghozali yang meraup miliaran rupiah dengan menjual foto Non Fungible Token (NFT) di OpenSea.

Ingin mengikuti jejak Ghozali yang kaya mendadak hanya dengan mengunggah foto, masyarakat pun ramai mengunggah bermacam foto di marketplace tersebut. Bahkan tak sedikit warganet yang menjual NFT foto KTP demi mendapatkan keuntungan.

Melihat hal tersebut Dirjen Dukccapil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh angkat bicara. Menurutnya melindungi data diri dan pribadi menjadi isu penting yang harus disikapi bersama-sama oleh semua pihak.

Baca Juga: Ingin Seperti Ghozali Warganet Ramai Unggah Foto di OpenSea, Mulai dari Makanan Hingga Selfie KTP

Masyarakat yang menjual atau mengunggah foto dokumen kependudukan dan melakukan swafoto sangat rentan menjadi korban tindakan kejahatan atau penipuan oleh pihak tidak bertanggungjawab.

Ia mengingatkan pihak-pihak yang mendistribusikan dokumen kependudukan di media online tanpa hak, terancam pidana penjara paling lama 10 tahun dan denda paling banyak Rp 1 miliar.

"Hal ini diamanatkan dalam Pasal 96 dan Pasal 96A Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan," katanya, Senin (17/1) dikutip dari Liputan6.com.

Baca Juga: Ghozali Everyday Raup Keuntungan Rp1,5 Miliar, Kominfo akan Awasi NFT!

Zudan juga mengingatkan hal penting yang perlu disikapi dalam era serba digital seperti sekarang ini.

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X