Viral NFT Selfie Ghozali Everyday Laris Keras, Dihargai hingga Miliaran Rupiah!

- Kamis, 13 Januari 2022 | 09:28 WIB
akun OpenSea Ghozali
akun OpenSea Ghozali

HALUAN PADANG- Seorang pemuda asal Indonesia Ghozali, viral di media sosial setelah potret selfie dirinya yang dijual dalam bentuk non-fungible token (NFT) ramai dikoleksi kolektor digital, Rabu (12/1/2022).

Pria berusia 22 itu menamai koleksi miliknya dengan sebutan Ghozali Everyday, dan memperlihatkan foto selfie dirinya setiap hari sejak usia 18 hingga 22 tahun selama rentang tahun 2017 hingga 2021.

“Ini benar-benar gambar saya berdiri di depan komputer hari demi hari,” tulis Ghozali dalam akun resminya.

Koleksi NFT miliknya cukup diminati dan dengan cara yang unik jadi koleksi meme. Konten miliknya kini sudah terjual sebanyak 194 ETH ($560.000) atau sekitar Rp8 miliar.

"Hari ini (foto selfie) terjual lebih dari 230+ dan sampai sekarang aku nggak tahu kenapa ada yang mau beli #NFT foto milikku. Tapi aku berterima kasih kepada kalian semua untuk upaya 5 tahunku yang terbayar lunas," tulis Ghozali di akun Twitternya pada Selasa, (11/1).

Dari akun OpenSea miliknya, sebanyak 933 item NFT yang terdiri dari foto selfie pribadinya itu telah laris terjual.

Satu foto milik Ghozali dihargai dengan harga terendah yaitu 0,13 Ethereum atau sekitar Rp6 juta. Kemudian untuk keseluruhannya, bisnis NFT Ghozali mencapai 8,5 Ethereum atau sekitar Rp 391 jutaan.

Dilansir dari tempo.co, NFT merupakan semacam token yang tak dapat ditukarkan, yang biasanya ditemukan di blockchain. Meskipun sudah ada sejak 2014, NFT menjadi semakin banyak peminatnya pada akhir 2021.

Sama seperti mata uang fisik, NFT dapat dipakai untuk membeli barang dan jasa dalam bentuk virtual. Meskipun bisa digunakan untuk membeli sesuatu, NFT tak dapat diperdagangkan dan ditukarkan seperti kripto. Keunggulan NFT yang bisa dipertimbangkan oleh peminatnya adalah tingkat keaslian.

Konsep NFT memungkinkan pembeli memiliki barang asli tanpa ada yang bisa menirunya. Tidak hanya itu, NFT menyertakan bukti kepemilikan dalam bentuk sertifikasi.

Halaman:

Editor: Nuraini

Tags

Terkini

X