Google Doodle Peringati 93 Tahun Ellya Khadam, Pelopor Dangdut Indonesia

- Sabtu, 23 Oktober 2021 | 11:28 WIB
Memperingati 93 tahun Ellya Khadam, Google Doodle menampilkan ilustrasi pelopor dangdut Indonesia itu hari ini, Sabtu (23/10) (Tangkapan layar)
Memperingati 93 tahun Ellya Khadam, Google Doodle menampilkan ilustrasi pelopor dangdut Indonesia itu hari ini, Sabtu (23/10) (Tangkapan layar)

HALUANPADANG.COM - Pelopor dangdut Indonesia, Elly Khadam lahir pada 23 Oktober 1928 silam. Memperingati hari kelahirannya, Google Doodle menampilkan ilustrasi Ellya Khadam layaknya artis India.

Dalam ilustrasi tersebut, Ellya Khadam mengenakan kain sari berwarna pink. Ada selendang merah muda yang melilit bahunya. Aksesoris rambut khas India pun menghiasi kepalanya.

Tangan Ellya Khadam juga dihiasi gelang India yang memenuhi pergelangan tangannya.

Ilutrasi tersebut diketahui dibuat oleh ilustrator Fatchurofi Muhammad yang berasal dari semarang.

Dahulunya karir Ellya Khadam mencapai puncaknya dengan merilis lagu hits pada tahun 1956 yang berjudul " Boneka India " (Boneka dari India). Lagu tersebut dianggap sebagai standar genre lagu dangdut.

Ellya Khadam mengungkapkan cintanya pada adat India tak hanya dengan menggunakan ritme tabla India dalam lagu-lagunya, tetapi juga dengan mengenakan sari tradisional India dan mengenakan sindoor di dahinya.

Pemilik nama asli Siti Alya Husnah itu lahir di Batavia (sekarang Jakarta). Ia juga dikenal dengan nama Ellya Agus atau Ellya M. Haris.

Selama masa remajanya, Ellya Kasim bertetangga dengan penyanyi gaya musik pop Malaysia yang dikenal sebagai deli.

Ellya mengembangkan bakat musiknya dengan meniru genre tersebut. Hal itu memungkinkan dirinya membuat nama untuk dirinya sendiri dengan bernyanyi di pesta pernikahan. Ia kemudian bergabung dengan grup musik lokal.

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Tags

Terkini

X