Squid Game Naik Daun, Provider Asal Korea Selatan Gugat Netflix

- Minggu, 3 Oktober 2021 | 12:07 WIB
Squid Game (Pinterest)
Squid Game (Pinterest)

 

HALUANPADANG.COM - Kemunculan serial Squid Game menggemparkan para penggemar serial Netflix di seluruh dunia. Serial drama Squid Game diklaim sebagai serial Korea pertama yang berhasil meraih posisi atas di Netflix Amerika.

Namun di satu sisi, penyedia layanan  internet (ISP) asal Korea SelatanSK Broadband, menggugat Netflix akibat keramaian yang dipicu oleh pemutaran Squid Game tersebut.

Mereka meminta Netflix untuk membayar penggunaan traffic seiring meningkatkan popularitas film seri besutan sutradara Hwang Dong-hyuk tersebut.

Melansir Reuters, langkah tersebut dilakukan setelah pengadilan Seoul mengatakan Netflix harus 'secara wajar' memberikan imbalan berupa pembayaran ISP atas jaringan yang digunakan.

Baca Juga: Tengah Digandrungi, Berikut Pesan Moral yang Dapat Diambil dari Squid Game

Beberapa anggota parlemen Korea Selatan juga sebelumnya menentang penyedia konten streaming seperti Netflix yang tidak membayar biaya penggunaan jaringan meski memiliki traffic yang tinggi.

Netflix mengatakan akan meninjau klaim SK Broadband. Netflix juga mengaku akan mencoba berdialog dengan SK Broadband untuk memastikan para pelanggan tidak terpengaruh.

Popularitas Squid Game mempertegas status Netflix sebagai penghasil traffic data terbesar kedua di Korea Selatan setelah YouTube. Meski demikian, keduanya tidak membayar biaya penggunaan jaringan. Sementara penyedia konten lain seperti Amazon, Apple, dan Facebook rutin membayar.

Traffic Netflix yang ditangani SK melonjak 24 kali lipat dari Mei 2018. Lonjakan ini dipengaruhi serial populer di Korea, seperti Squid Game.

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Sumber: CNN Indonesia

Tags

Terkini

Paksa Difabel Bicara, Mensos Risma Banjir Kritikan

Kamis, 2 Desember 2021 | 19:49 WIB
X