Gerakan Perubahan Pasca Pandemi, Bimo Maxim Dirikan AMKI: Wadahi Pelaku Seni Kembali Berkarya

- Jumat, 16 Desember 2022 | 15:55 WIB
 (Ist)
(Ist)

HALUAN PADANG – Pandemi Covid membuat semua lini tak berdaya bahkan terpuruk dalam tiga tahun belakangan ini. Kondisi itu diperparah oleh ancaman resesi yang menghantui Indonesia. Itulah yang membuat lini kreatif tak bisa berbuat banyak.

Berdasarkan permasalahan itu, selepas Covid pada awal tahun 2022, geliat ekonomi pun mulai kembali normal. Terutama para penggiat seni seperti, seniman, musisi, pemain film, dancer dan sebagainya.

Bimo Maxim yang juga seorang pelaku seni, berinisiatif untuk membuat gerakan untuk perubahan pasca pandemi ini. Dia pun mendirikan Anak Muda Kreatif Indonesia (AMKI).

Menurut Bimo, AMKI ini lahir sebagai jembatan agar seniman bisa melahirkan karya-karya lagi dan bisa kembali eksis serta menunjukkan ke dunia bahwa seni itu masih hidup.

“AMKI ini lebih ke komunitas seniman karena di dalamnya ada musisi, pemain film, pelukis, presenter, dancer dan pelaku seni lainnya. Jadi ini memang kita buat untuk mewadahi teman-teman pelaku seni untuk bisa berkreasi serta menunjukan karyanya ke seluruh penikmat seni,” ujar Bimo.

Selain itu, AMKI sendiri juga menempatkan Yuke Sampurna, bassist band Dewa 19 sebagai Ketua Dewan Pembina. AMKI juga sangat terbuka bagi para seniman dari semua daerah untuk bergabung.

“Saya berharap wadah ini bisa membantu para pelaku seni yang selama ini terdampak hingga AMKI bisa menjadi salah satu komunitas yang mampu menjadi pendongkrak semangat," papar Bimo.

Salah satu program AMKI yang akan dijalankan adalah album musik, dimana para musisi akan membawakan karya  dengan genre masing-masing. Album beda genre ini rencananya akan melibatkan pemerintah.

Sementara itu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) juga sudah memberi lampu hijau untuk melakukan kegiatan seni di khalayak ramai sejak awal 2022.

Direktur Perfilman, Musik, dan Media Kemendikbudristek, Ahmad Mahendra mengatakan tahun 2022 menjadi kebangkitan industri pertunjukan musik di kota besar setelah dua tahun menahan diri.

Halaman:

Editor: Bhenz Maharajo

Tags

Terkini

Waspadai 5 Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda

Rabu, 18 Mei 2022 | 16:25 WIB

Call of Duty Mobile Siap Dapatkan Map Klasik

Senin, 16 Mei 2022 | 21:05 WIB

Rajin Mandi Ternyata Bisa Mengobati Bisul

Senin, 16 Mei 2022 | 12:40 WIB

Terpopuler

X