Boleh Dicoba! Tips Kelola Keuangan Saat Gajian Tiba

- Jumat, 20 Mei 2022 | 12:10 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

 

HALUAN PADANG - Siapapun pasti gembira saat hari gajian tiba. Apalagi jika di bulan sebelumnya banyak sekali pengeluaran, sehingga mau tak mau harus hidup lebih hemat guna bertahan sampai akhir bulan. Datangnya tanggal gajian pun kian begitu dinanti-nantikan.

Hanya saja, jangan sampai kebiasaan buruk mengelola keuangan ini tanpa sadar menjadi semacam lingkaran setan. Jadikan pengeluaran membengkak di bulan sebelumnya sebagai bahan evaluasi, biar bulan depan tak sampai terulang kembali.

Sebab, jika saldo rekening sekadar lewat begitu saja, lantaran kurang piawai mengelola keuangan saat gajian tiba, yang merasa rugi juga diri sendiri, kan? Makanya, supaya hal ini dapat dihindari, kelola keuangan saat gajian tiba dengan menerapkan beberapa tips berikut ini.

Baca Juga: Naik Rp12.000, Harga Emas Kini Dibanderol Rp985.000 per Gram

Jangan Menunggu Sisa Gajian Tapi Sisihkan Tabungan di Awal

Seberapa pun jumlahnya, menabung penting dilakukan saat sudah punya pemasukan sendiri. Sebab, dalam prakteknya, kadang ada saja pengeluaran tak terduga. Keberadaan tabungan itu pun dapat menjadi solusi untuk mengatasi kondisi tersebut, sehingga tak perlu sampai utang-utang segala.

Supaya bisa menabung secara rutin, konsep menabung yang benar perlu dipahami. Jangan menunggu sisa gajian, tetapi yang tepat adalah menyisihkan sekitar 20% dari gaji yang diterima di awal untuk dimasukkan ke dalam tabungan. Menurut para praktisi keuangan, persentase tersebut masih masuk akal. Jika tak memungkinkan, paling tidak para pekerja wajib menyisihkan 10% dari gajinya setiap bulan untuk menabung.

Pahami Mana Kebutuhan Utama dan Mana yang Sekadar Keinginan Semata

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Merdeka.com

Tags

Terkini

Waspadai 5 Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda

Rabu, 18 Mei 2022 | 16:25 WIB

Call of Duty Mobile Siap Dapatkan Map Klasik

Senin, 16 Mei 2022 | 21:05 WIB

Rajin Mandi Ternyata Bisa Mengobati Bisul

Senin, 16 Mei 2022 | 12:40 WIB
X