Waspadai 5 Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda

- Rabu, 18 Mei 2022 | 16:25 WIB
Waspadai 5 Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda
Waspadai 5 Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda

 

HALUAN PADANG - Penyebab gagal ginjal di usia muda perlu diketahui setiap orang. Penyakit gagal ginjal bisa dialami siapa saja, tak terkecuali kalangan anak muda. Gagal ginjal di usia muda jika tidak segera diatasi dapat membahayakan tubuh.

Melansir dari laman Healthline, beberapa gangguan pada ginjal ini menimbulkan beberapa penyakit komplikasi dalam tubuh seperti anemia dan gangguan elektrolit. Oleh karena itu, menjaga kesehatan jantung harus terus dilakukan upaya pencegahan sejak dini. Salah satunya dengan menjaga pola makan sehat.

Penyebab gagal ginjal di usia muda yang paling umum adalah terjadinya penumpukan zat mineral yang kemudian menjadi batu ginjal. Kondisi ini sering dipicu karena infeksi saluran kemih dan penyakit asam urat. Berikut sejumlah penyebab gagal ginjal di usia muda.

Sebelum mengetahui penyebab gagal ginjal di usia muda, alangkah baiknya mengerti gejala gagal ginjal yang biasa terjadi. Secara umum, berikut gejala gagal ginjal di usia muda yang perlu diwaspadai, di antaranya:

Sulit Berkonsentrasi dan Pusing

Apabila ginjal kekurangan suplai oksigen ke seluruh tubuh, terutama otak maka dapat menyebabkan daya ingat menjadi lemah. Sehingga hal ini dapat menyebabkan seseorang sulit berkonsentrasi dan mengalami pusing. Beberapa orang yang memiliki sakit ginjal akan sering merasakan gejala ini.

Terjadi Pembengkakan Bagian Tubuh

Gejala gagal ginjal di usia muda selanjutnya, yaitu adanya pembengkakan pada bagian tubuh. Apabila terjadi kerusakan pada ginjal maka sudah tidak bisa menyaring limbah kotoran dengan baik. Sehingga hal ini menyebabkan protein terbuang ke dalam urin.

Melansir dari laman Healthline, kekurangan protein ini dapat mengakibatkan pembengkakan pada tungkai tangan dan kaki membengkak. Di samping itu, seseorang yang memiliki masalah dengan ginjal maka wajah dan kedua mata akan membengkak. Sehingga pembengkakan ini ditandai sebagai salah satu gejala sakit ginjal.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Merdeka.com

Tags

Terkini

Waspadai 5 Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda

Rabu, 18 Mei 2022 | 16:25 WIB

Call of Duty Mobile Siap Dapatkan Map Klasik

Senin, 16 Mei 2022 | 21:05 WIB

Rajin Mandi Ternyata Bisa Mengobati Bisul

Senin, 16 Mei 2022 | 12:40 WIB
X