Tak Melulu Negatif, Bermain Game Online Ternyata Bermanfaat untuk Anak Loh

- Senin, 16 Mei 2022 | 15:15 WIB
ilustrasi game online (Ahmad Hafidz Zaini)
ilustrasi game online (Ahmad Hafidz Zaini)

HALUAN PADANG - Semenjak electronic Sports berkembang pesan, banyak anak-anak memang lebih memilih bermain game lebih lama, dengan dalih ingin menjadi profesional player. Apalagi, uang hasil dari game yang didapat pemain profesional tidaklah sedikit.

Tapi, apakah benar bermain game online tidak lantas membuat anak-anak kecanduan, hingga akhirnya melupakan hal lainnya, seperti belajar dan bersosialisasi. Lantas, apa sih dampak positif yang bisa didapatkan dari bermain game online?

Psikolog klinis Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya, Nanda Rossalia, M.Psi berpendapat setidaknya ada sejumlah hal yang bisa didapat seorang remaja dari bermain online game, salah satunya dalam hal kompetensi.

Baca Juga: Seorang Pria di Korea Utara Dihukum Mati Gegara Squid Game

"Alasan remaja bermain game untuk menunjukkan kompetensi mereka. Balik lagi ke identitas. Menangin permainan, saya tangguh dan kompeten. Berbeda dengan di dunia nyata, nilai saya jelek. Sesuai karakteristik remaja, dia mau untuk building karena ini nanti berguna untuk confident-nya," ujar dia dilansir Okezone.

Hal lain yang bisa didapat saat bermain online game yakni dalam hal otonomi yakni suatu hal yang amat dibutuhkan bahkan diimpikan oleh seorang remaja dan ini belum tentu dia peroleh di dunia nyata.

Menurut Nanda, bermain online game memberi kesempatan dan kebebasan pada remaja untuk memilih serta mengambil keputusan atau langkah yang harus diambil.

Baca Juga: Tak Lagi Sekadar Drama, Uni Emirat Arab Hadirkan Permainan Squid Game di Dunia Nyata

Di sisi lain, online game juga mampu mengisi kebutuhan untuk berinteraksi, terkoneksi dan mendapat perhatian orang lain yang ini mungkin tidak didapatkan remaja di dunia nyata.

Pada akhirnya, karena setidaknya tiga kebutuhan dasar sudah mereka dapatkan, maka ini kemudian membuat mereka nyaman dan terlarut di dalamnya. Sementara di dunia nyata, para remaja justru merasa tak mendapatkannya.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Okezone.com

Tags

Terkini

Waspadai 5 Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda

Rabu, 18 Mei 2022 | 16:25 WIB

Call of Duty Mobile Siap Dapatkan Map Klasik

Senin, 16 Mei 2022 | 21:05 WIB

Rajin Mandi Ternyata Bisa Mengobati Bisul

Senin, 16 Mei 2022 | 12:40 WIB
X