Rajin Mandi Ternyata Bisa Mengobati Bisul

- Senin, 16 Mei 2022 | 12:40 WIB
Ilustrasi bisul  (Pixabay)
Ilustrasi bisul (Pixabay)

HALUAN PADANG - Ada cara mengobati bisul yang sudah pecah tapi masih keras, namun tidak membuat sakit. Bisul sendiri, terjadi karena infeksi bakteri dalam folikel rambut.

Akibatnya, muncul benjolan kemerahan yang sangat menyakitkan, bahkan dapat disertai rasa demam. Mulanya bisul berukuran kecil, lalu bertambah besar karena mengalami pembengkakan, bernanah, dan terbentuk titik putih di bagian puncak benjolan.

Di kebanyakan kasus bisul sembuh dengan sendirinya. Namun, ada cara cepat dalam membantu proses penyembuhan bisul.

Baca Juga: Jangan Abaikan Bisul! 4 Jenis Ini Membahayakan

Bisul juga akan timbul pada bagian tak terduga, seperti wajah, leher, ketiak, bahu, bokong, dan paha. Hal ini terjadi karena bagian-bagian tersebut sering mengalami gesekan dan keringat yang menumpuk.

Tentunya hal ini cukup menggangu aktivitas Anda. Umumnya, saat bisul sudah matang tubuh akan terasa meriang.

Hanya saja pada beberapa kasus, bisul sudah pecah tetapi masih terasa keras. Dalam mengobati bisul selain menggunakan obat dari dokter, juga bisa memakai bahan alami atau rempah-rempah untuk kempiskan bisul.

Selain itu cara mengobati bisul yang pecah tapi masih keras, bisa dilakukan di rumah dengan melakukan pemberian obat-obatan, seperti antibiotik.

Dokter akan memberikan antibiotik guna mencegah dan mengobati infeksi. Jika bisul yang pecah mengalami rasa sakit bisa langsung memeriksakan bisul tersebut ke dokter.

Maka, dokter akan memeriksa bisul tersebut secara langsung dan menentukan tindakan selanjutnya. Jika ada nanah yang terjebak mungkin bisa dikeluarkan, atau mungkin perlu ditambahkan antibiotik agar infeksinya bisa mereda.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Okezone.com

Tags

Terkini

Waspadai 5 Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda

Rabu, 18 Mei 2022 | 16:25 WIB

Call of Duty Mobile Siap Dapatkan Map Klasik

Senin, 16 Mei 2022 | 21:05 WIB

Rajin Mandi Ternyata Bisa Mengobati Bisul

Senin, 16 Mei 2022 | 12:40 WIB
X