Jangan Abaikan Bisul! 4 Jenis Ini Membahayakan

- Senin, 9 Mei 2022 | 09:57 WIB
Ilustrasi bisul (Pixabay)
Ilustrasi bisul (Pixabay)

HALUANPADANG - Jenis bisul yang membahayakan dan tidak bisa dianggap remeh loh. Meskipun, bisul biasanya menjadi masalah pada kulit yang cukup umum terjadi dan dapat menjangkiti siapa saja.

Masalah kulit yang satu ini muncul akibat adanya infeksi bakteri Staphylococcus aureus (S. aureus) yang terjadi pada folikel rambut atau kelenjar minyak di bawah kulit. Gejala umumnya adalah adanya benjolan yang muncul pada kulit dan disertai rasa gatal dan nyeri.

Umumnya, bisul tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, Anda harus mewaspadai beberapa jenis bisul yang membahayakan. Melansir dari laman On Health, berikut adalah beberapa jenis bisul yang membahayakan:

Baca Juga: Simak 5 Manfaat Vitamin C bagi Kulit!

Karbunkel

Karbunkel hampir mirip dengan furunkel (bisul biasa). Namun, karbunkel dianggap lebih serius karena pada kondisi ini penderitanya akan memiliki satu atau lebih benjolan pada kulit dan memungkinkan terjadinya demam. Kondisi ini juga tidak bisa diobati menggunakan obat rumahan, tetapi harus dengan bantuan medis.

Jerawat kistik

Jerawat jenis ini terbentuk karena adanya saluran minyak yang tersumbat dan meradang. Kondisi ini menyebabkan adanya peradangan dan biasanya terjadi pada usia remaja.

Hidradenitis suppurativa

HIdradenitis suppurativa merupakan sebuah kondisi dimana terdapat banyak abses yang terbentuk di bawah ketiak dan juga selangkangan. Bentuk peradangan seperti ini susah diobati dengan menggunakan antibiotik, sehingga memerlukan bantuan medis.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Okezone.com

Tags

Terkini

Waspadai 5 Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda

Rabu, 18 Mei 2022 | 16:25 WIB

Call of Duty Mobile Siap Dapatkan Map Klasik

Senin, 16 Mei 2022 | 21:05 WIB

Rajin Mandi Ternyata Bisa Mengobati Bisul

Senin, 16 Mei 2022 | 12:40 WIB
X