Jelang Imlek 2022 Tahun Macan Air, Berikut Fakta Menarik Perayaan Imlek!

- Jumat, 28 Januari 2022 | 13:37 WIB
Ilustrasi ucapan selamat Tahun Baru Imlek 2022 (freepik.com)
Ilustrasi ucapan selamat Tahun Baru Imlek 2022 (freepik.com)

HALUAN PADANG- Perayaan imlek tahun 2022 atau tahun macan air jatuh pada Selasa, 1 Februari. Tahun Baru China atau Tahun Baru Imlek merupakan festival yang merayakan awal tahun baru pada kalender tradisional China.

Tahun Baru Imlek dikenal juga sebagai Lunar New Year, merupakan festival terpenting di Tiongkok dan diperingati juga sebagai Festival Musim Semi.
Festival ini menandai fase lunar pertama atau bulan baru tahun baru di kalender Tiongkok.

Berikut 11 fakta menarik perayaan Imlek:

1. Sejarah tahun Baru Imlek telah ada sekitar 3.500 tahun
Tahun Baru Imlek telah dirayakan di Tiongkok selama 3500 tahun. Festival Musim Semi pada awalnya merupakan hari seremonial untuk berdoa kepada para dewa untuk penanaman dan panen yang baik.

Orang-orang juga berdoa kepada leluhur mereka. Selama perayaan, leluhur dihormati dan upacara tradisional diadakan. Orang-orang berkumpul dan menyambut tahun baru dengan adat yang akan membawa keberuntungan, keberuntungan, kekayaan, kemakmuran, dan kebahagiaan.

Baca Juga: Berikut Ucapan Imlek 2022 yang Cocok Dibagikan ke Keluarga, Saudara dan Teman!

2. Asal-usul Tahun Baru Cina kaya akan legenda
Kisah asal usul Tahun Baru Imlek yang paling terkenal adalah terkait dengan monster bernama Nian yang memakan ternak, tanaman, dan bahkan orang-orang pada malam tahun baru.

Kemudian seorang biksu yang bijaksana memberi tahu penduduk desa bahwa mereka harus membuat suara keras dan menggunakan guntingan kertas merah dan menggantungnya di pintu mereka untuk meluncur di jalan Nian.

Ide ini berhasil dan penduduk desa mampu mengalahkan Nian. Ini adalah hari kekalahan Nian dan menjadi awal tahun baru Imlek.

3. 1/6 penduduk dunia merayakan Tahun Baru Imlek
Tahun Baru Imlek tidak hanya dirayakan di Cina daratan tetapi juga dirayakan di Hong Kong, Taiwan, Vietnam, Singapura serta beberapa negara Asia lainnya serta kota-kota Cina di seluruh dunia.

Halaman:

Editor: Nuraini

Tags

Terkini

Waspadai 5 Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda

Rabu, 18 Mei 2022 | 16:25 WIB

Call of Duty Mobile Siap Dapatkan Map Klasik

Senin, 16 Mei 2022 | 21:05 WIB

Rajin Mandi Ternyata Bisa Mengobati Bisul

Senin, 16 Mei 2022 | 12:40 WIB
X