5 Tips Meredakan Panas Dalam Secara Alami, Mudah dan Ampuh

- Minggu, 5 Desember 2021 | 10:55 WIB
Ilustrasi panas dalam (Pixabay)
Ilustrasi panas dalam (Pixabay)

HALUAN PADANG– Dalam dunia medis, istilah penyakit 'panas dalam' sendiri tidak dikenal. Istilah ini terdapat dalam pengobatan Tiongkok yang menggambarkan masalah kesehatan akibat pengaruh makanan dan minuman tertentu yang bersifat panas.

Hal ini diambil dari konsep yinyang yang diterapkan untuk membedakan makanan dingin (yin) dan panas (yang). Di Indonesia, panas dalam merupakan istilah yang sudah lama berkembang untuk menggambarkan rasa panas di tenggorokan dan napas yang terasa panas serta bau.

Panas dalam sering kali dihubungkan dengan rasa tidak nyaman di tenggorokan dan nyeri ketika menelan.

Dalam hal ini, ada banyak gejala yang sering dikaitkan dengan istilah panas dalam. Beberapa di antaranya adalah rasa tidak nyaman di tenggorokan, sakit ketika menelan, bibir pecah-pecah, dan bau mulut.

Cara Meredakan Panas Dalam

Tidak semua panas dalam merujuk pada suatu penyakit yang membutuhkan penanganan dengan obat-obatan. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan di rumah untuk melegakan gejala panas dalam, di antaranya:

1. Minum air putih

Air putih akan membantu melembapkan tenggorokan dan mencegah terjadinya dehidrasi. Hindari minuman berkafein dan beralkohol yang dapat membuat tubuh lebih cepat mengalami dehidrasi. Anda juga dapat minum air hangat dicampur madu untuk membuat tenggorokan menjadi lebih nyaman.

2. Makan sayur dan buah

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Tags

Terkini

X