Simple! Lakukan 6 Hal Ini Setiap Malam Agar Berat Badan Turun

- Selasa, 30 November 2021 | 18:14 WIB
Ilustrasi diet (Freepik)
Ilustrasi diet (Freepik)

 

HALUAN PADANG – Malam hari sering dijadikan sebagai waktu panjang untuk bersantai. Bahkan tak jarang seseorang lebih banyak mengemil sambil bersantai saat malam hari.

Kebiasaan inilah yang seringkali memicu naiknya berat badan, terlebih jika makanan yang dikonsumsi tinggi kalori, garam, dan karbohidrat.

Untuk mengimbangi hal tersebut, sebenarnya ada beberapa hal simpel yang bisa dilakukan pada malam hari agar bisa mengurangi berat badan.

1. Makan malam, bukan ngemil

Selesai bekerja, banyak orang tergoda untuk ngemil pada sore atau malam hari. Namun sebaiknya, makan malam dengan menu yang baik sehingga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi. Direkomendasikan untuk single dinner atau makan makanan utama saja.

Baca Juga: Diet untuk Lansia, Ini 5 Kunci Menurunkan Berat Badan di Usia 50 Tahun ke Atas

2. Makan malam lebih awal

Waktu makan malam yang dianjurkan yaitu di awal waktu sekitar pukul 18.00. Orang dewasa yang makan malam pada pukul 18.00 akan membakar lemak 10 persen lebih banyak daripada orang yang makan pukul 22.00.

Mereka juga akan memiliki kadar gula darah 20 persen lebih rendah. Hasil tersebut didapat dari studi pada Juni 2020 di Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism. Namun jika tak bisa makan malam sebelum pukul 6, sebaiknya makan 2-3 jam sebelum tidur.

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Sumber: idn times

Tags

Terkini

X