Waspada Covid- 19 Varian Omicron, Seperti Ini Syarat Pakai Masker yang Dianjurkan

- Selasa, 30 November 2021 | 08:38 WIB
Ilustrasi (Pixabay)
Ilustrasi (Pixabay)

 

HALUAN PADANG – Munculnya varian baru Covid-19 yang disebut dengan Omicron membuat masyarakat harus lebih waspada. Pasalnya, varian yang berasal dari Afrika Selatan ini diketahui  bermutasi lebih banyak dengan angka penularan yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, selain vaksinasi covid-19, masyarakat dianjurkan agar tidak abai terhadap protokol kesehatan dan melakukan perlindungan yang lebih optimal.

Berikut ini syarat penggunaan masker yang dianjurkan untuk memerangi varian Omicron:

1. Masker Rangkap (double mask)

Sama seperti memerangi varian virus Covid-19 sebelumnya, penggunaan masker rangkap sangat dianjurkan, karena dirasa lebih efektif.

Dokter spesialis penyakit dalam Eric Daniel Tenda menjelaskan, penggunaan masker double bisa memberikan perlindungan optimal dari virus corona.

Baca Juga: 3 Tips Mencegah Iritasi Saat Menggunakan Masker Seharian

Jika penggunaan masker memiliki perlindungan 50-60 persen mencegah risiko terpapar Covid-19, maka penggunaan masker rangkap jauh memiliki perlindungan optimal yaitu 85 persen mencegah risiko terpapar.

"Double mask dengan masker medis dan masker kain itu dapat meningkatkan proteksi. Efektif bisa sampai 85 persen menurunkan risiko terpapar virus Covid-19," kata Eric dikutip dari CNN.com.

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Tags

Terkini

X