Mengenal Zero Waste, Gaya Hidup Ramah Lingkungan

- Minggu, 28 November 2021 | 09:47 WIB
Ilustrasi (Pixabay)
Ilustrasi (Pixabay)

HALUANPADANG - Masalah lingkungan menjadi masalah paling fundamental yang saat ini tengah dihadapi oleh umat manusia. Termasuk di Indonesia, isu lingkungan sudah menjadi permasalahan yang mendarah daging dan sulit untuk diselesaikan.

Gaya hidup hedon dan cenderung konsumtif secara tidak langsung menambah jumlah sampah yang ada di bumi. Hal ini tentu berdampak buruk bagi lingkungan, namun kita dapat mengubah keadaan tersebut sedikit demi sedikit.

Salah satu langkah yang dapat kita lakukan adalah dengan cara menerapkan gaya hidup zero waste.

Apasih gaya hidup zero waste itu dan apa manfaatnya bagi kehidupan?

Pengertian Gaya Hidup Zero waste

Dilansir dari Zero Waste International Alliance (ZWIA), zero waste merupakan usaha untuk melestarikan lingkungan dengan meminimalisir sampah mulai dari produksi hingga konsumsi.

Zero waste biasanya dilakukan dengan penggunaan kembali dan pemulihan produk, baik kemasan maupun material tanpa harus melalui proses pembakaran dan pembuangan ke tahah, air, udara dan hal lain yang mengancam lingkungan atau kesehatan manusia.

Hematnya, zero waste merupakan suatu upaya yang dapat dilakukan untuk meminimalisir sampah yang kita hasilkan, salah satu caranya adalah dengan mengkonversi produk yang tidak terpakai ke dalam bentuk lain sehingga dapat dimanfaatkan kembali.

Dengan mengubah atau mendaur ulang produk yang tidak terpakai menjadi produk yang memiliki daya guna kembali, kita telah turut menciptakan suatu lingkungan minim sampah dan inilah yang disebut dengan zero waste.

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Tags

Terkini

Waspadai 5 Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda

Rabu, 18 Mei 2022 | 16:25 WIB

Call of Duty Mobile Siap Dapatkan Map Klasik

Senin, 16 Mei 2022 | 21:05 WIB

Rajin Mandi Ternyata Bisa Mengobati Bisul

Senin, 16 Mei 2022 | 12:40 WIB
X