Mengenal Teh Hibiscus atau Kembang Sepatu yang Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 08:33 WIB
Ilustrasi teh hibiscus (Freepik/ azerbaijan_stockers)
Ilustrasi teh hibiscus (Freepik/ azerbaijan_stockers)

 

HALUANPADANG.COM – Kembang sepatu atau yang dikenal juga dengan nama hibiscus seringkali menghiasi pekarangan rumah dengan warna bunga merah cerah. Tanaman ini ternyata bisa dijadikan teh herbal yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Teh hibiscus dibuat dari kelopak bunga yang sudah dikeringkan dan dipisahkan dari bijinya. Jemur kelopak bunga di sinar matahari selama 1-2 hari untuk memudahkan pemisahan lidah kelopak yang berwarna merah dengan bijinya.

Kelopak yang sudah dipisahkan dengan biji dicuci hingga bersih, lalu dijemur lagi selama 3-5 hari. Kemudian simpan kelopak bunga yang sudah kering dalam wadah tertutup.

Kelopak yang sudah kering akan mudah menjadi bubuk bila diremas. Simpan dalam toples bersih dan tutup rapat.

Untuk minum teh hibiscus, seduh dengan air mendidih seperti biasa Anda membuat teh pada umumnya. Tambahkan gula pasir sesuai selera.

Teh ini memiliki rasa manis dan asam yang bisa diminum panas atau dingin. Sebuah penelitian menemukan berbagai manfaat teh hibiscus, di antaranya mengendalikan tekanan darah dan membantu menurunkan berat badan.

Berikut manfaat lain dari teh hibiscus:

1. Menurunkan tekanan darah

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa minum teh hibiscus dapat menurunkan tekanan darah.

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Sumber: Hello Sehat

Tags

Terkini

5 Menu Sarapan yang Justru Bisa Bikin Gemuk

Selasa, 18 Januari 2022 | 07:00 WIB
X