Bukannya Putih Malah Bisa Gagal Ginjal, Hati-hati dengan Suntik Putih Abal-abal

- Senin, 18 Oktober 2021 | 09:45 WIB
Ilustrasi (Freepik/ drobotdean)
Ilustrasi (Freepik/ drobotdean)

HALUANPADANG.COM – Standar kecantikan yang ditentukan oleh warna kulit seringkali membuat seseorang melakukan berbagai cara untuk mendapatkan kulit putih.

Tak hanya sebatas pemakaian krim pemutih, mereka bahkan sampai melakukan suntik putih untuk mencapai standar kecantikan menurut mereka.

Namun sayangnya, kebanyakan orang tidak mengetahui bagaimana cara kerja dan risiko suntik putih itu sendiri. Apalagi jika suntik putih yang didapat merupakan suntik abal-abal.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, Dr. Indah Widyasari menjelaskan bahwa tugas dari suntik putih hanya bisa mengembalikan warna kulit sesuai dengan warna tone asli, dalam artian tidak bisa memutihkan yang berlebihan.

“Warna kulit setiap individu beda-beda. Biasanya kita akan bisa cek dengan melihat warna kulit lengan bagian dalam karena area tersebut jarang terekspos oleh matahari.” tutur Dr. Indah.

Tingginya animo masyarakat yang ingin sekali punya kulit putih, seringkali membuat mereka abai terhadap kesehatan dengan melakukan suntik putih abal-abal yang belum jelas hak izin edar, hingga kualitas keamanannya.

Padahal, dengan memaksakan melakukan suntik putih di tempat abal-abal, justru hanya akan membahayakan diri sendiri.

Gak mau kan kulit putih terlihat cantik di luar, tapi bagian organ dalam mengkhawatirkan?

“Jangka pendek bisa jadi karena bahannya tidak aman, yang pasti bisa memicu reaksi alergi yang juga bisa bersifat lokal ataupun keseluruhan. Karena reaksi obat yang berat juga bisa berbahaya karena bisa merusak organ hati maupun ginjal, dan bahkan juga bisa menyebabkan kematian. Untuk efek samping jangka panjangnya bila dimasukkan terus-terusan tanpa pengawasan atau dosis yang tepat, bisa mempengaruhi organ tubuh” ujarnya.

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Tags

Terkini

Waspadai 5 Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda

Rabu, 18 Mei 2022 | 16:25 WIB

Call of Duty Mobile Siap Dapatkan Map Klasik

Senin, 16 Mei 2022 | 21:05 WIB

Rajin Mandi Ternyata Bisa Mengobati Bisul

Senin, 16 Mei 2022 | 12:40 WIB
X