Penderita DBD Tidak Mesti Harus Rawat Inap, Simak Tanda-tandanya

- Minggu, 17 Oktober 2021 | 10:14 WIB
Ilustrasi (Pixabay/ FotoshopTofs )
Ilustrasi (Pixabay/ FotoshopTofs )

HALUANPADANG.COM - Jika salah satu keluarga kita ada yang terkena Demam Berdarah Dengue (DBD), kita akan berpikir harus rawat inap di rumah sakit. Padahal tidak semua pasien DBD dirawat inap.

Hal ini disampaikan oleh dr. Leonard Nainggolan, Sp.PB-KPTI bahwa pasien demam berdarah dapat dirawat jalan atau dirawat di rumah.

Kondisi pasien DBD yang perlu perawatan di rumah sakit bagi mereka yang syok, kejang, kesadaran turun, perdarahan spontan, bintik merah, mimisan, trombosit kurang dari 100 ribu disertai kebocoran plasma, serta kondisi yang lemah.

"Kedaruratan tidak memandang bulu. Tetapi ada beberapa kondisi DBD yang tidak perlu dirawat di rumah sakit," ujar Leo.

Pasien DBD yang tidak perlu dirawat inap antara lain jika ia memiliki trombosit lebih dari 100.000/UI, mampu makan dan minum, tensi normal, serta kencing lancar dan bagus.

"Anak saya dua kali DBD dan itu tidak saya bawa ke rumah sakit, cukup dirawat di rumah," Leo menceritakan pengalamannya.

Merawat pasien DBD di rumah tidak lah susah. Menurut Leo, pasien harus banyak minum, sedikitnya dua liter per hari. Baik minuman yang memiliki kandungan elektrolit, oralit, teh dengan sedikit garam, atau jus buah.

Akan tetapi jangan hanya diberikan air mineral, karena plasma darah yang keluar ketika DBD tidak hanya H2O, tetapi juga ada glukosa dan elektrolit, untuk itu diberikan minuman lain.

"Apapun minumannya boleh, sepanjang tidak menimbulkan keluhan, dan tidak memeperburuk kondisi. Asal jangan soft drink, kopi, alkohol." ujarnya lagi.*

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Tags

Terkini

10 Tips Balikan Lagi Sama Mantan, Dijamin Ampuh

Sabtu, 4 Desember 2021 | 12:30 WIB

Mengenal Zero Waste, Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Minggu, 28 November 2021 | 09:47 WIB
X