Berjemur Sinar Matahari Pagi untuk Umur Panjang dan Berat Badan Ideal

- Minggu, 17 Oktober 2021 | 09:00 WIB
Ilustrasi berjemur di pagi hari yang cerah. (Pixabay)
Ilustrasi berjemur di pagi hari yang cerah. (Pixabay)

 

HALUANPADANG - Sinar matahari pagi dikenal kaya manfaat, terutama untuk kesehatan kulit. Kemampuannya meningkatkan produksi Vitamin D di tubuh manusia sudah dikenal secara luas. Pada masa pandemi ini, pakar kesehatan menyarankan untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi untuk terapi penyembuhan Covid-19 atau meminimalisir resiko terinfeksi.  

Selain itu, sinar matahari pagi juga memiliki sejumlah manfaat lain bagi manusia.

Untuk menurunkan berat badan, misalnya. Berjemur di bawah terpaan sinar matahari selama beberapa menit di antara jam 9 pagi sampai menjelang siang, bisa membantu menurunkan berat badan. Sinar Ultraviolet yang dipancarkan matahari, dapat merangsang tubuh mengubah kolesterol menjadi Vitamin D.

Sinar matahari juga bisa mengurangi resiko kematian. Seseorang yang lebih sering terpapar sinar matahari, memiliki harapan hidup lebih tinggi dibanding yang jarang terkena sinar matahari.

Sinar matahari juga mampu membantu meningkatkan kinerja otak. Berjemur di bawah sinar matahari, dapat membantu menghindarkan seseorang dari gangguan kognitif.

Selain itu sinar matahari juga bisa membantu seseorang menjaga kesehatan mental serta menurunkan darah tinggi.

Namun kapankah waktu yang tepat untuk berjemur?

Dikutip dari laman halodokter.com, waktu terbaik untuk berjemur ialah pada pagi hari sampai menjelang jam 10.00, selama kurang lebih 15 menit. Seseorang yang ingin mendapatkan manfaat optimal sinar matahari, setidaknya harus berjemur dua hingga tiga kali dalam seminggu secara rutin.

Di samping manfaatnya, sinar matahari juga mengandung bahaya. Seseorang disarankan tidak berada di bawah paparan sinar matahari secara langsung di antara jam 10.00-16.00. Sinar matahari pada jam-jam tersebut dapat memicu kanker kulit. (*)





Halaman:

Editor: Randi Reimena

Terkini

10 Tips Balikan Lagi Sama Mantan, Dijamin Ampuh

Sabtu, 4 Desember 2021 | 12:30 WIB

Mengenal Zero Waste, Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Minggu, 28 November 2021 | 09:47 WIB
X