Tidur Nyenyak Bisa Bantu Turunkan Berat Badan Jika Dibarengi dengan Kebiasaan Ini

- Minggu, 10 Oktober 2021 | 18:00 WIB
Ilustrasi (Freepik/ jcomp)
Ilustrasi (Freepik/ jcomp)

 

HALUANPADANG.COM – Tidur ternyata tak hanya bisa mengembalikan energi, tetapi juga mempunyai pengaruh besar terhadap metabolisme, level hormon, kondisi emosi, dan membantu tubuh membakar lemak lebih cepat.

Pakar tidur Nicole Avena mengatakan, penambahan berat badan dikaitkan dengan kurang tidur karena dapat memicu asupan kalori yang lebih tinggi.

Selain itu, ia menambahkan bahwa durasi tidur dapat mempengaruhi produksi dua kunci, hormon pengatur rasa lapar, ghrelin dan leptin.

"Penelitian telah menunjukkan bahwa kurang tidur mengubah produksi leptin dan ghrelin, yang mengatur nafsu makan dan rasa lapar," katanya.

"Kurang tidur juga dikaitkan dengan defisiensi hormon pertumbuhan dan peningkatan kadar kortisol, kedua peningkatan ini dikaitkan dengan obesitas." lanjutnya.

Ditambah lagi, orang yang kurang tidur cenderung kurang berolahraga. Ini juga dapat berkontribusi pada penambahan berat badan.

Baca Juga: 7 Rutinitas di Pagi Hari Ini Bisa Membantu Kamu Tidur Nyenyak Saat Malam

Mereka yang sering kurang tidur juga cenderung memilih makanan yang tidak sehat dan berkalori tinggi saat lapar menyerang tengah malam.

Avena membagikan empat tips tidur cukup untuk menjaga berat badan tetap terkendali.

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Tags

Terkini

5 Menu Sarapan yang Justru Bisa Bikin Gemuk

Selasa, 18 Januari 2022 | 07:00 WIB
X