Dinilai Mampu Meningkatkan Imun Tubuh, Guru Besar UGM: Kopi Bisa Cegah dan Deteksi Covid-19

- Senin, 27 September 2021 | 08:43 WIB
Ilustrasi Kopi (Pixabay/free-photos)
Ilustrasi Kopi (Pixabay/free-photos)

 

HALUANPADANG.COM – Tidak hanya sekadar minuman, kopi memiliki banyak kandungan yang berdampak baik bagi kesehatan tubuh. Bahkan minuman ini dinilai mampu mencegah paparan Covid-19.

Hal tersebut disampaikan oleh Guru Besar Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada (UGM), Sri Anggrahini, dalam pidato ilmiahnya yang berjudul 'Kopi untuk Kesehatan di Masa Pandemi COVID-19'.

Sri berpendapat bahwa kopi banyak mengandung senyawa antioksidan sehingga memberikan pengaruh positif terhadap kesehatan tubuh.

Di berbagai penelitian di luar negeri, menurut sri, kopi menduduki peringkat teratas sebagai asupan yang dinilai mampu mencegah paparan covid-19, karena meningkatkan imun tubuh.

"Hal itu mendukung banyak penelitian sebelumnya yang menemukan bahwa kopi bisa meningkatkan kekebalan tubuh, karena adanya kandungan polifenol dan fenolik yang memiliki sifat antioksidan," ujarnya.

Penelitian khasiat kopi ini, menurut Sri, perlu ditindaklanjuti agar bisa mendorong masyarakat gemar mengonsumsi kopi, serta mengetahui batas aman mengonsumsi kopi sesuai yang dianjurkan.

Baca Juga: Jangan Lagi Minum Kopi Saat Perut Kosong di Pagi Hari, Ini Bahayanya

Tidak hanya itu, kopi juga bisa digunakan untuk mendeteksi seseorang terkena COVID-19 atau tidak.

“Umumnya penderita COVID-19 mengalami gejala hilangnya indera penciuman atau anosmia. Kopi bisa digunakan untuk mendeteksi gejala tersebut, karena memiliki rasa dan aroma yang kuat,” ujar Sri.

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Tags

Terkini

10 Tips Balikan Lagi Sama Mantan, Dijamin Ampuh

Sabtu, 4 Desember 2021 | 12:30 WIB

Mengenal Zero Waste, Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Minggu, 28 November 2021 | 09:47 WIB
X