Belum Tentu Malas, Bisa Jadi Kamu Fobia Kerja, Kenali Tanda-tandanya

- Rabu, 22 September 2021 | 18:05 WIB
Ilustrasi (Pixabay/kaboompics)
Ilustrasi (Pixabay/kaboompics)

 

HALUANPADANG.COM - Bekerja dan mencari penghasilan adalah kegiatan yang harus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Lantas bagaimana jika seseorang memiliki ketakutan atau fobia terhadap pekerjaan?

Meski terdengar aneh, namun nyatanya fobia terhadap pekerjaan atau tempat kerja benar ada. Fobia kerja ini disebut Ergophobia.

Ergophobia adalah suatu kondisi dimana seseorang mengalami ketakutan atau kecemasan tidak masuk akal terhadap pekerjaan. Fobia ini kerap muncul sebagai kombinasi dari ketakutan akan gagal menyelesaikan pekerjaan, berbicara di depan umum dan kesulitan bersosialisasi dengan rekan kerja.

Orang yang menderita Ergophobia umumnya menyadari bahwa ketakutan yang mereka rasakan tidak rasional, tetapi tetap kesulitan untuk mengontrolnya.

Gejala-Gejala yang Ditunjukkan Saat Seseorang Mengalami Ergophobia

Gejala Ergophobia dapat mempengaruhi fisik maupun psikis penderita. Beberapa tanda seseorang mengalami fobia ini muncul ketika mereka menghadapi suatu pekerjaan atau berada di tempat kerja.

Setiap penderita akan menunjukkan gejala yang berbeda. Diantaranya seperti mengalami sakit perut, berkeringat, tubuh nyeri, sesak napas, pusing, serangan panik, hingga insomnia. Umumnya, penderita Ergophobia akan merasa takut dan cemas yang berlebih saat berada di tempat kerja maupun pekerjaan.

Faktor Penyebab Fobia Ergophobia

Sama halnya seperti fobia pada umumnya, penyebab Ergophobia sampai saat ini memang belum diketahui secara pasti. Namun ada sejumlah faktor yang berpotensi mempengaruhi berkembangnya kondisi ini dalam diri seseorang. Diantaranya:

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Tags

Terkini

Waspadai 5 Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda

Rabu, 18 Mei 2022 | 16:25 WIB

Call of Duty Mobile Siap Dapatkan Map Klasik

Senin, 16 Mei 2022 | 21:05 WIB

Rajin Mandi Ternyata Bisa Mengobati Bisul

Senin, 16 Mei 2022 | 12:40 WIB
X