Pandemi Ubah Pola Hidup, Kecuali Kebiasaan Merokok, Konsumsi Rokok Justru Meningkat

- Rabu, 22 September 2021 | 10:46 WIB
Ilustrasi rokok (Pixabay/geralt)
Ilustrasi rokok (Pixabay/geralt)

 

HALUANPADANG.COM ­– Pandemi covid-19 telah banyak mengubah kebiasaan dan pola hidup masyarakat. Akan tetapi pandemi tak mampu mengubah kebiasaan merokok.

Hal itu terlihat dari studi yang dilakukan oleh Pusat Kajian Jaminan Sosial Universitas Indonesia (PKJS-UI) tentang “Perilaku Merokok Selama Pandemi Covid-19 dan Dampaknya Terhadap Kesejahteraan Keluarga”.

Studi tersebut menunjukkan bahwa tidak ditemukan perubahan perilaku merokok yang berarti pada periode sebelum dan saat pandemi, baik dari sisi kuantitas maupun intensitas merokok. Termasuk responden yang berpendapatan rendah.

Padahal di satu sisi, terdapat risiko tersendiri bagi para perokok untuk rentan terpapar covid-19. Organisasi Kesehatan Dunia, WHO, sempat memperingatkan bahwa perokok lebih berisiko meninggal akibat COVID-19 daripada yang bukan perokok.

Namun nyatanya risiko tersebut tidak mengurangi konsumsi rokok saat pandemi.

Komite Nasional Pengendalian Tembakau (Komnas PT) pada tahun 2020 juga meneliti “Perilaku Merokok pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia”.

Hasilnya, 50.2 persen perokok mengaku jumlah batang rokok yang dikonsumsi selama pandemi covid-19 tidak berkurang. Bahkan 15.2 persen mengaku jumlah batang rokok yang dikonsumsi meningkat.

Setelah ditelusuri, 69.77 persen perokok tersebut berasal dari kalangan ekonomi dengan penghasilan kurang dari Rp5juta rupiah.

Tim riset PKJS-UI mengatakan, kementrian kesehatan perlu memperkuat inovasi layanan konseling untuk memberikan bantuan bagi oang-orang yang ingin berhenti merokok dengan dukungan tenaga kesehatan profesional.

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Sumber: Suara.com

Tags

Terkini

Lakukan 4 Hal Simpel Ini Agar Rumah Terlihat Bersih

Minggu, 17 Oktober 2021 | 11:09 WIB

Kenali Toxic Productivity dan 3 Cara Mengatasinya

Minggu, 17 Oktober 2021 | 11:01 WIB

Apa Benar Vegetarian Lebih Sehat?

Minggu, 17 Oktober 2021 | 09:41 WIB

Bubuk atau Cair, Deterjen Mana yang Paling Bagus?

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 08:15 WIB

Terpopuler

X