Sering Merasa Lelah Saat Bangun Tidur, Bisa Jadi 3 Kebiasaan Ini yang Jadi Penyebabnya

- Minggu, 19 September 2021 | 08:21 WIB

 

HALUANPADANG.COM - Melakukan beberapa hal di pagi hari bisa menyedot energi dan membuat tubuh mudah lelah. Dokter bedah Inggris, Karan Rangarjan, menyampaikannya lewat video di media sosial TikTok yang segera menjadi viral.

Praktisi yang tergabung dalam Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) itu menyebutkan tiga kesalahan umum yang mengemuka.

Menekan tombol tunda alias snooze pada alarm

Menurut Rangarjan, kebiasaan itu membuat seseorang lebih sulit bangun dan lebih mengantuk beberapa jam kemudian. Dia menjelaskan, sebelum bangun di pagi hari, seseorang lazimnya ada di akhir fase tidur REM (rapid eye movement).

Ketika menekan tombol snooze, seseorang kembali ke siklus tidur REM dan tubuh melepaskan lebih banyak hormon yang menyebabkan tidur. Akibatnya, saat alarm berbunyi 10-15 menit kemudian, tubuh mengalami disorientasi.

"Ketika Anda bangun dari tempat tidur, tubuh Anda penuh dengan bahan kimia tidur yang membuat Anda lelah hingga empat jam," kata Rangarjan kepada 4,1 juta pengikutnya di TikTok.

Selain itu, awal siklus tidur bukan waktu yang tepat untuk tersentak bangun oleh bunyi alarm. Efek berikutnya adalah merasa menghabiskan tidur malam yang sangat buruk meskipun sebenarnya tidur seperti bayi sepanjang malam.

Langsung mengecek ponsel setelah terjaga

Kebiasaan itu dapat memicu rasa gelisah karena gelombang otak yang tidak sesuai.

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Tags

Terkini

Lakukan 4 Hal Simpel Ini Agar Rumah Terlihat Bersih

Minggu, 17 Oktober 2021 | 11:09 WIB

Kenali Toxic Productivity dan 3 Cara Mengatasinya

Minggu, 17 Oktober 2021 | 11:01 WIB

Apa Benar Vegetarian Lebih Sehat?

Minggu, 17 Oktober 2021 | 09:41 WIB

Bubuk atau Cair, Deterjen Mana yang Paling Bagus?

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 08:15 WIB

Terpopuler

X