Burn Out Selama Pandemi, Enam Hal Ini Bisa Bantu Kamu Mengatasinya

- Selasa, 14 September 2021 | 15:23 WIB
Ilustrasi Burn Out (pixabay)
Ilustrasi Burn Out (pixabay)

 

HALUANPADANG.COM - Kelelahan mental atau burn out digambarkan sebagai kondisi tubuh yang stres berat karena pekerjaan. Burn out sebenarnya bukanlah diagnosis medis. Namun, dapat memengaruhi kesehatan fisik dan mental.

Sejumlah ahli menduga bahwa kondisi-kondisi seperti depresi dapat melatari seseorang mengalami kelelahan mental.

Kondisi seperti ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut dan harus diatasi dengan tepat karena akan mempengaruhi kesehatan mental. Sayangnya seringkali orang-orang tidak menyadari hal itu dan menganggapnya sebagai kemalasan biasa.

Kelelahan mental yang tidak diatasi dengan baik dapat berdampak buruk terhadap kesehatan fisik dan mental. Oleh karena itu jika gejala atau ciri-ciri burn out muncul, anda disarankan mengatasinya dengan cara berikut:

1. Buat prioritas

Buatlah prioritas pekerjaan mulai dari yang terpenting hingga hal-hal yang dianggap tidak terlalu penting. Cara itu akan membantu kita mengetahui mana yang akan dikerjakan terlebih dahulu sehingga energi yang terkuras tidak terlalu banyak.

2. Bicarakan hal ini dengan atasan

Komunikasikan dengan atasan mengenai kerisauan yang anda rasakan. Saat diberi pekerjaan yang terlalu banyak ungkapkan bahwa pekerjaan tersebut membuat anda terbebani dan membutuhkan bantuan orang lain untuk mengerjakannya.

Akan tetapi ketika ternyata atasanlah yang menjadi pemicu burn out di tempat kerja, ajaklah bagian Sumber Daya Manusia (SDM) atau HRD untuk berdiskusi mengenai hal ini.

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Tags

Terkini

Cara Unik Hilangkan Mata Panda, Cukup Menggunakan Sendok

Senin, 20 September 2021 | 17:17 WIB

Sulit Berhenti Merokok? Coba Lakukan Cara Ini

Minggu, 19 September 2021 | 10:15 WIB

Masih Merasa Lelah Saat Bangun Tidur, Ini 10 Penyebabnya

Selasa, 14 September 2021 | 07:03 WIB
X