Kenali Tanda-tanda Burn Out, Kelelahan Mental yang Seringkali Dianggap Sebagai Kemalasan Biasa

- Selasa, 14 September 2021 | 08:42 WIB
Ilustrasi  (Pixabay)
Ilustrasi (Pixabay)

 

HALUANPADANG.COM – Mungkin akhir-akhir ini seringkali kita menghabiskan waktu di tempat tidur dengan berbaring, tidak melakukan apa-apa, dan tidak melakukan banyak hal. Tak sekadar itu, bahkan kita menjadi orang yg mudah lelah dan tidak ingin melakukan apapun lagi.

Kondisi tersebut seringkali dianggap sebagai sebuah kemalasan. Apalagi saat dihadapkan dengan situasi pandemi covid-19 yang mengharuskan kita berbulan-bulan untuk tidak melakukan apa- apa. Terkadang kita menjadi bertanya-tanya, kenapa kita terlalu malas untuk melakukan sesuatu?

Namun sebenarnya, hal itu bisa jadi bukan hanya sebuah kemalasan biasa, tetapi tanda bahwa tubuh kita sedang mengalami Burn Out atau kelelahan mental. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan kondisi tubuh yang stres berat karena pekerjaan.

Kelelahan mental sendiri sebenarnya bukanlah diagnosis medis. Namun, dapat memengaruhi kesehatan fisik dan mental. Sejumlah ahli menduga bahwa kondisi-kondisi seperti depresi dapat melatari seseorang mengalami kelelahan mental.

Kondisi seperti ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut dan harus diatasi dengan tepat karena akan mempengaruhi kesehatan mental. Sayangnya seringkali orang-orang tidak menyadari hal itu dan menganggapnya sebagai kemalasan biasa.

Berikut ini tanda-tanda yang menunjukkan bahwa tubuh sedang mengalami kelelahan mental dan bagaimana membedakannya dengan kemalasan biasa:

1. Terputus dari segalanya

Salah satu hal yang seringkali dialami oleh orang yang mengalami kelelahan mental dan jarang disadari adalah depersonalisasi. Hal ini paling sering dialami oleh mereka yang tengah berjuang dengan trauma.

Fase ini membuat orang akan merasakan semacam mati rasa atau kekosongan emosional yang aneh. Seolah-olah, ia melihat kehidupan di luar diri mereka sendiri.Ia tak lagi merasa menjadi diri sendiri dan bahkan tidak merasa terikat oleh siapapun.

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Tags

Terkini

Susah Mencari Kerja Saat Pandemi, Coba 5 Ide Usaha Ini

Jumat, 24 September 2021 | 14:06 WIB

Cara Unik Hilangkan Mata Panda, Cukup Menggunakan Sendok

Senin, 20 September 2021 | 17:17 WIB

Sulit Berhenti Merokok? Coba Lakukan Cara Ini

Minggu, 19 September 2021 | 10:15 WIB
X