Pertumbuhan Wisata Di Puncak Pato dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat di Nagari Batu Bulek

- Jumat, 10 Juni 2022 | 20:17 WIB
Puncak Pato Nagari Batu Bulek/foto:gajahmaharamphotography (Picasa)
Puncak Pato Nagari Batu Bulek/foto:gajahmaharamphotography (Picasa)

HALUAN PADANG- Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah, yaitu potensi keaneka-ragaman hayati dan non hayati yang dimilikinya sehingga Indonesia dikenal sebagai negara dengan keanekaragaman hayati dan non hayati tertinggi di dunia.

Dengan besarnya sumber daya alam hayati dan non hayati yang dimiliki Indonesia, sektor pariwisata termasuk salah satu sektor unggulan di Indonesia yang sangat berpotensi untuk dikembangkan karena dapat menghasilkan devisa bagi Negara dan juga dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat.

Dalam usaha untuk mengembangkan dan meningkatkan penyelenggaraankepariwisataan, dilakukan pembangunan objek dan daya tarik wisata, baik dalam bentuk mengusahakan objek dan daya tarik wisata yang sudah ada maupun membuat objek-objek baru sebagai objek wisata dan mempunyai daya tarik wisata.

Baca Juga: DPRD Sumbar Koordinasi Dengan OPD Untuk Penanggulangan Wabah PMK Jelang Idul Adha

Pertumbuhan pariwisata nasional bertujuan meningkatkan taraf hidup masyarakat, terutama pada Daerah Tujuan Wisata (DTW). Secara menyeluruh tujuan tersebut dapat dirumuskan, sebagai devisa bagi negara, membuka lapangan kerja/kesempatan kerja bagi masyarakat di kawasan wisata, memperkenalkan kekayaan alam dan budaya bangsa, memupuk rasa cinta tanah air dan Bangsa Indonesia.

Pertumbuhan kepariwisataan juga bertujuan untuk memperkenalkan keindahan alam dan kebudayaan masyarakat Indonesia yang beragam. Ini berarti, pertumbuhan pariwisata di Indonesia tidak terlepas dari potensi yang dimiliki oleh Indonesia untuk mendukung pariwisata tersebut.

Pertumbuhan objek wisata dapat berjalan dengan baik apabila pengelolaannya dapat dilakukan dengan sebaik-baiknya. Pengeloaan objek wisata sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan kepariwisataan karena lancar tidaknya pertumbuhan suatu objek pariwisata sangat ditentukan oleh bagaimana pengelolaan yang dilakukan.

Baca Juga: Saingi TikTok, Kini Durasi Video Instagram Reels Makin Panjang

Pariwisata merupakan sektor ekonomi yang mampu memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi suatu daerah dan pasar tenaga kerja, dan menciptakan peluang pekerjaan langsung dan tidak langsung melalui penyediaan barang dan jasa yang diperlukan untuk kegiatan wisata.

Selain itu, pariwisata menghasilkan manfaat ke daerah seperti pengembangan usaha kecil dan menengah, penciptaan lapangan kerja baru, perbaikan infrastruktur. Sektor pariwisata merupakan sektor yang potensial untuk dikembangkansebagai salah satu sumber pendapatan daerah. Usaha memperbesar pendapatan asli daerah diprogramkan melalui pengembangan dan pendayagunaan sumber daya dan potensi pariwisata daerah yang diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi pembangunan ekonomi.

Halaman:

Editor: Nuraini

Tags

Terkini

Berikut Daftar Kota Termacet di Indonesia!

Kamis, 24 Februari 2022 | 09:00 WIB
X