Ini Sebabnya Kunjungan Wisman Terus Meningkat ke Kepri

- Jumat, 8 April 2022 | 07:45 WIB
Salahsatu destinasi wisata di Kepri.
Salahsatu destinasi wisata di Kepri.

Haluanpadang.com - Kunjungan wisatawan manca negara (Wisman) dan Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) ke provinsi Kepuluan Riau (Kepri), belakangn ini terus mengalami peningkatan.

Penyebab utama dari peningkatan tersebut adalah karena dibukanya pintu masuk (entry point) bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN). Oleh karena itu pemerintah memastikan menambah lebih banyak entry point tersebut di Kepri.

Kepastian tersebut diatur melalui Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan Covid-19 nomor 17 tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Baca Juga: Demokrat ke Jokowi: Rakyat Butuh Solusi Cepat, Bukan Semprot Sana-sini!

Surat yang ditandatangani oleh Kepala BNPB RI, Letjen TNI Suharyanto pada, Selasa, (5/4/2022) yang lalu ini mengatur secara rinci pintu masuk mana saja yang dibolehkan dibuka untuk menerima kunjungan PPLN ke Indonesia termasuk para wisatawan mancanegara.

Untuk itu, per 5 April 2022, di Kepri selain Bandar Bintan Telani, Bintan, dan Nongsa Sensation, Batam yang telah lebih dahulu dibuka untuk wisman dalam kerangka travel bubble, melalui SE tersebut seluruh entry point pelabuhan bagi PPLN di wilayah Batam, Tanjungpinang, Bintan, dan Karimun telah diizinkan untuk menerima PPLN masuk ke wilayah Kepri.

 Kemudian selain melalui jalur laut, dua entry point jalur udara di Kepri yakni Bandara Hang Nadim Batam dan Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang juga telah diizinkan untuk dibuka sebagai pintu masuk PPLN.

Gubernur Kepri, H. Ansar Ahmad, sebelumnya telah beberapa kali menggelar rapat koordinasi pembukaan pintu masuk kunjungan wisatawan mancanegara ke Kepri. Dalam rapat-rapat tersebut, Gubernur Ansar meminta seluruh pengelola pintu masuk untuk menyiapkan fasilitas penyambutan wisman.

"Fasilitas penyambutan tersebut mulai dari ketersediaan tempat dan petugas yang akan melakukan test PCR, petugas penerima pembayaran Visa on Arrival, tempat isolasi, hingga rumah sakit rujukan bila diperlukan suatu tindakan medis lebih jauh," kata Ansar.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Tags

Terkini

Berikut Daftar Kota Termacet di Indonesia!

Kamis, 24 Februari 2022 | 09:00 WIB
X