Mulai 3 Maret 2022, Penumpang Pesawat Wajib Isi e-HAC Sebelum Keberangkatan

- Kamis, 3 Maret 2022 | 11:56 WIB
Pelaku perjalanan domestik harus isi e-HAC sebelum berangkat. (IST/BritaDIY)
Pelaku perjalanan domestik harus isi e-HAC sebelum berangkat. (IST/BritaDIY)

HALUAN PADANG – Pemerintah menyiapkan aturan baru terkait penerbangan, yakni calon penumpang wajib mengisi e-HAC di aplikasi PeduliLindungi sebelum keberangkatan. Aturan ini mulai berlaku per hari ini, Kamis, 3 Maret 2022.

Dikutip dari laman Kemenkes, e-HAC atau Electronic Health Alert Card merupakan kartu kewaspadaan kesehatan elektronik yang ditujukan pada semua pelaku perjalanan domestik dan internasional selama pandemi Covid-19.

Sebelumnya, e-HAC diisi setelah pelaku perjalanan domestik tiba di tempat tujuan. Namun, seiring dengan jumlah pengguna transportasi udara domestik meningkat, telah terjadi antrean panjang di bandara saat kedatangan untuk memeriksa e-HAC.

Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan, Setiaji, mengatakan pelaku perjalanan domestik diminta untuk segera update aplikasi PeduliLindungi ke versi terbaru, dan memperhatikan aturan terkini pengisian e-HAC domestik sebagai syarat wajib perjalanan selama masa pandemi COVID-19.

“Dalam aturan penerbangan domestik terkini, penumpang harus mengisi e-HAC di aplikasi PeduliLindungi sebelum melakukan check in di bandara keberangkatan, atau paling cepat sehari sebelum jadwal penerbangan,” katanya, Selasa, 1 Maret 2022.

Melalui aplikasi PeduliLindungi versi terbaru, lanjut Setiaji, e-HAC memiliki fitur pengecekan kelayakan terbang bagi pengguna transportasi udara domestik dengan tampilan yang lebih ramah pengguna (user-friendly).

Dengan pembaruan fitur tersebut, proses pengecekan status kelayakan terbang oleh petugas bandara mengalami perubahan. Sebelumnya e-HAC diperiksa saat di bandara kedatangan, namun berdasarkan aturan terbaru pemeriksaan dilakukan saat check in di bandara keberangkatan.

 

 

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Sumber: Kemkes.go.id

Tags

Terkini

Berikut Daftar Kota Termacet di Indonesia!

Kamis, 24 Februari 2022 | 09:00 WIB
X