Tak Sembarangan, Berikut Jenis-Jenis Polisi Tidur dan Aturan Membuatnya!

- Selasa, 22 Februari 2022 | 21:05 WIB
ilustrasi polisi tidur/ foto: google
ilustrasi polisi tidur/ foto: google

HALUAN PADANG- Jenis-jenis polisi tidur di Indonesia disesuaikan dengan kriteria dan ketentuan sesuai peraturan yang berlaku.

Polisi tidur atau Speed Bump merupakan alat pembatas kecepatan yang dipasang di jalan-jalan tertentu sebagai bentuk pencegahan kendaraan melewati wilayah atau kawasan tersebut dengan melebihi standar kecepatan yang sudah ditentukan.

Polisi tidur umumnya berupa sebuah gundukan semen, aspal atau material lain.

Baca Juga: Polisi Berhasil Ringkus Pelaku Pengeroyokan Ketum KNPI Haris Pertama

Walaupun terkadang polisi tidur kerap dikeluhkan sebagian pengguna jalan karena dirasa mengganggu kenyamanan berkendara, tapi penggunaan polisi tidur telah diatur dalam peraturan pemerintah.

Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor 82 Tahun 2018 mengatur tentang pembuatan polisi tidur atau Speed Bump. Selain itu, peraturan tersebut juga membahas pengaman pengguna jalan dan alat pengendalinya.

Sesuai ijin dan aturan yang berlaku, marka jalan ini terdapat 3 jenis dengan fungsi-fungsi yang berbeda. Pengertian ketiganya adalah sebagai berikut.

1. Speed Bump
Jenis yang satu ini dikhususkan untuk jalan lingkungan terbatas, area parkir, dan area privat dengan kecepatan laju kendaraan dibawah 10 kilometer per jam.

Pembuatannya dengan kriteria lebar bagian atas minimal 15 cm atau 150 mm, ketinggian maksimal 12 cm atau 120 mm, dan sudut kelandaian 15 %.

Baca Juga: Produktifnya Hobi Generasi Milenial bisa jadi Peluang Usaha di Masa Depan!

Halaman:

Editor: Nuraini

Tags

Terkini

Berikut Daftar Kota Termacet di Indonesia!

Kamis, 24 Februari 2022 | 09:00 WIB
X