Indonesia Dinobatkan Sebagai Negara Terindah di Dunia, Berikut Daftar Keindahan Alamnya

- Jumat, 18 Februari 2022 | 08:42 WIB

Haluan Padang - Media Ingris Money.co.uk baru-baru ini melaporkan, Indonesia masuk peringkat pertama sebagai negara terindah di dunia.

Dalam laporan tersebut, Indonesia mendapatkan 7,77 poin dari total 10 poin penilaian dan mampu mengalahkan sembilan negara lain, yakni Selandia Baru, Kolombia, Tanzania, Meksiko,  Kenya, India,  Prancis,  Papua Niugini, dan Komoro.

Penetapan Indonesia sebagai negara terindah di dunia ini didasari bahwa setiap 100.00 kilometer Indonesia terdapat keindahan alam seperti gunung berapi, terumbu karang, hutan tropis, dan gletser.

Selain itu, penilaian tersebut didasarkan pada tujuh faktor. Setiap faktor dihitung per 100.000 kilometer persegi (dengan angka luas lahan yang bersumber dari World Bank). Sebelum diberi skor normal 10 poin untuk setiap faktor, lalu diambil skor rata-rata dari ketujuh faktor.

Baca Juga: Puji Keindahan Alam dan Kuliner Kota Padang, Dubes Arab Saudi Siap Investasi

Untuk melihat tujuh faktor tersebut, berikut rangkumannya:

  1. Gunung Berapi

Faktor ini menghitung jumlah gunung berapi berdasarkan penilaian dari Oregon State University’s Volcano Table.

Dalam penilaian tersebut menyebut Indonesia memiliki 45 gunung berapi yang tersebar di berbagai wilayah. Di antara yang terkenal seperti Gunung Agung, Gunung Anak Krakatau, Gunung Bromo, Gunung Batur, Gunung Merapi, Gunung Semeru, Gunung Sinabung

  1. pegunungan

Faktor kedua yang menjadi penilaian yakni jumlah puncak yang memiliki ketinggian di atas 1.500 meter di atas permukaan laut (mdpl). Seperti yang diketahui Gunung Puncak Jaya di Papua menjadi gunung tertinggi yang ada di Indonesia

Halaman:

Editor: Rahma Livia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berikut Daftar Kota Termacet di Indonesia!

Kamis, 24 Februari 2022 | 09:00 WIB
X