Pacu Sektor Pariwisata Jabar, Ridwan Kamil Optimis 40 Juta Kunjungan Tahun 2022

- Rabu, 16 Februari 2022 | 00:22 WIB
Ridwan Kamil targetkan 40 juta kunjungan wisatawan ke Jawa Barat tahun ini. f/doc.
Ridwan Kamil targetkan 40 juta kunjungan wisatawan ke Jawa Barat tahun ini. f/doc.

Haluan Padang - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil targetkan jumlah kunjungan wisatawan ke Jawa Barat sebanyak 40 juta orang pada tahun ini.

Target ini mengejar jumlah kunjungan wisatawan pada 2018 lampau yang tercatat sebanyak 60 juta.

"Semoga sumbangan pariwisata Jawa Barat di tahun 2022 bisa meningkat. Target kita antara 36 juta sampai 40 juta wisatawan, mudah-mudahan terus meningkat, sehingga sampai ke level yang dulu pernah di puncak kejayaan tahun 2018, sekitar 60 jutaan," katanya, Selasa (15/2).

Baca Juga: Ridwan Kamil Minta Arteria Dahlan Segera Minta Maaf Ke Orang Sunda

Gubernur yang akrab disapa Emil ini mengungkapkan, terdapat beberapa indikator yang membuat sektor wisata mampu bangkit, yakni apabila kasus Omicron segera melandai.

Sementara itu, berdasarkan data Badan Pusat Statistik, ekonomi Jawa Barat tumbuh sebesar 3,74 persen atau membaik jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mengalami kontraksi 2,52 persen.

"Ekonomi kita sudah tumbuh di atas tiga persen. Insya Allah, varian Omicron terkendali dan tingkat keterisian rumah sakit tidak terlalu tinggi per harinya, hanya 20 persenan," jelas Emil.

Baca Juga: Launching Kalender Pariwisata 2022, Berikut Sejumlah Event Menarik yang Akan Berlangsung di Kota Padang

Emil mengajak semua pihak untuk sama-sama memajukan pariwisata Jawa Barat dengan tetap meneggakkan protokol kesehatan.

Terkhusus bagi pengelola wisata, Emil berpesan agar konsisten dalam penerapan kedisiplinan prokes. Contohnya adalah dalam penerapan aplikasi Peduli Lindungi yang perlu dimaksimalkan kembali.

"Untuk pengelola wisata, tolong (penerapan) Peduli Lindungi dimaksimalkan, sehingga bisa memilah mana pengunjung yang memiliki potensi Covid-19, dan mana yang sudah aman. Dengan begitu kita bisa move on dan produktif membangun pariwisata Jawa Barat," pungkasnya.

Baca Juga: Ketua DPD RI Berharap Pulau Untung Jawa Tingkatkan Branding Pariwisata

Untuk menarik kunjungan wisatawan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan kembali membangun beberapa infrastruktur sebagai penunjang pariwisata. Tak terkecuali dengan menyelenggarakan bebecara acara.

Halaman:

Editor: Rahma Livia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berikut Daftar Kota Termacet di Indonesia!

Kamis, 24 Februari 2022 | 09:00 WIB
X