Candi Prambanan dan Borobudur Kini Diresmikan Sebagai Tempat Peribadatan Dunia

- Minggu, 13 Februari 2022 | 17:59 WIB
Candi Borobudur dan Prambanan Kini Resmi jadi tempat peribadatan dunia.
Candi Borobudur dan Prambanan Kini Resmi jadi tempat peribadatan dunia.

Haluan Padang - Candi Prambanan dan Candi Borobudur di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), serta Candi Borobudur, Candi Pawon, dan Candi Mendut di Jawa Tengah  resmi disahkan sebagai tempat peribadatan Umat Hindu dan Buddha di seluruh dunia.

Kesepakatan tersebut ditandangani melalui Nota Kesepakatan Pemanfaatan Candi Prambanan dan Candi Borobudur untuk kepentingan Agama Umat Hindu dan Umat Buddha Indonesia dan Dunia di Gedhong Pracimasono, Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Jumat (11/2).

Nota kesepakatan terhadap empat candi tersebut diteken secara luring dan daring oleh Pemda DIY, Pemprov Jawa Tengah, Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Kementerian BUMN, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Baca Juga: Waket DPD RI Minta Presiden Kecam PM India Atas Kekerasan dan Diskriminasi Agama

Keempat candi yang sebelumnya lebih banyak digunakan sebagai objek penelitian, cagar pariwisata, dan cagar budaya tersebut, kini juga ditujukan untuk pengembalian fungsi kegiatan agama.

"Kita harapakan candi-candi tadi bisa jadi pusat ibadah umat Hindu, Buddha Indonesia dan dunia," kata Koordinator Stafsus Menteri Agama RI, Adung Abdul Rochman.

Keempat candi yang telah dinobatkan sebagai tempat peribadatan dunia tersebut akan berfokus pada nilai-nilai spiritual dan pendidikan.

Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X berharap nota kesepakatan tersebut dapat menjadi semangat dalam mewujudkan moderasi beragama, kohesi sosial dan kerukunan antar umat beragama di Indonesia.

caBaca Juga: Jaga Toleransi, Sumbar Bisa Selesaikan Potensi Konflik Agama dengan Diplomasi

Halaman:

Editor: Rahma Livia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berikut Daftar Kota Termacet di Indonesia!

Kamis, 24 Februari 2022 | 09:00 WIB
X