Mengenal Padang Mangateh, Peternakan di Sumatera Barat Dengan Keindahan Alam Seperti New Zealand

- Rabu, 12 Januari 2022 | 21:54 WIB

HALUAN PADANG - Pesona alam Sumatera Barat sangatlah indah, mulai dari pegunungan, air terjun, danau dan kulinernya menjadi daya pikat bagi wisatawan.

Salah satunya yakni Padang Mangateh yang menawarkan hamparan rumput hijau dengan ribuan hewan ternak sapi yang berkeliaran.

Berkunjung ke Kabupaten 50 Kota, Sumbar. Padang Rumput di Padang Mangateh mempunyai keindahan alam yang layak disandingkan dengan di New Zealand. 

Hamparan Padang rumput yang luas merupakan lokasi khusus untuk peternakan dan diberi nama Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak Padang Mengatas (BPTU-HPT) yang berdiri sejak 1916. Didirikan pada zaman kolonial Hindia Belanda.

Peternakan ini adalah peninggalan kolonial Belanda yang berada di kaki Gunung Sago ini dibangun pada 1916. Dulu peternakan ini sempat menjadi peternakan terbesar di Asia Tenggara.

Dimana padang rumput nan hijau serta subur dengan ribuan sapi-sapi yang berkeliaran mengingatkan kita dengan peternakan-peternakan yang ada di New Zealand.

Hal ini menjadikan Padang Mangateh Payakumbuh menjadi salah satu agro wisata yang di miliki Indonesia khususnya Sumatera Barat.

Panorama alam yang mempesona serta hamparan padang rumput hijau yang luas menjadi salah satu ciri khas padang rumput Mangateh.

Padang rumput ini memiliki luas 280 hektare. Ada banyak orang mengatakan bahwa Padang Mangateh mirip dengan Desa Hobbit yang terletak di Matamata, North Island, New Zealand.

Halaman:

Editor: Emen HLN

Tags

Terkini

Berikut Daftar Kota Termacet di Indonesia!

Kamis, 24 Februari 2022 | 09:00 WIB
X