Selain Keindahan Arung Jeram, Geopark Merangin Jambi Warisan Dunia Menyimpan Fosil Berusia Ratusan Juta Tahun

- Selasa, 7 Desember 2021 | 08:07 WIB
Geopark Merangin Jambi/ foto: istimewa
Geopark Merangin Jambi/ foto: istimewa

HALUAN PADANG- Menyusuri Geopark Merangin, salah satu geopark yang sudah masuk dalam catatan UNESCO yang diusulkan menjadi warisan dunia dengan menyimpan banyak fosil purba berusia ratusan juta tahun.

Direktur Geopark Merangin Agus Zainudin menjelaskan Geopark Merangin Jambi berada di sepanjang aliran Sungai Batang Merangin, Kabupaten Merangin Provinsi Jambi.

"Fosil yang terdapat di kawasan Geopark Merangin merupakan fosil flora dan fauna yang diperkirakan terbentuk sejak 300 juta tahun silam," katanya.

Selain fosil flora dan fauna, di kawasan Geopark Merangin Jambi juga terdapat batu-batuan alam yang terhampar di pinggiran Sungai Batang Merangin yang berusia ratusan juta tahun. Di antaranya batuan granit, batuan sedimen, batuan beku dan batuan metamorf.

Fosil-fosil yang berada di kawasan Geopark Merangin tersebut juga menjadi bukti bahwa sebagian kawasan Geopark Merangin pada zamannya merupakan daerah pesisir laut karena terdapat fosil jejak kerang-kerangan.

Tidak hanya fosil flora dan fauna yang berusia ratusan juta tahun, aliran Sungai Batang Merangin juga menyajikan wisata arung jeram yang sangat menantang adrenalin.

Agus Zainudin mengatakan usia fosil flora dan fauna yang berusia 300 juta tahunan itu menjadikan Geopark Merangin sebagai pusat bebatuan fosil tertua di Asia.

Di kawasan Geopark Merangin tersebut telah dibangun Taman Geopark Merangin yang di dalamnya terdapat galeri Geopark Merangin yang menyimpan berbagai macam informasi terkait dengan Geopark Merangin.

Geopark Merangin Jambi terletak di Desa Air Batu, Kabupaten Merangin Provinsi Jambi. Untuk dapat sampai ke Desa Air Batu dapat di tempuh melalui jalur udara dan darat.

Dari Kota Jambi, Desa Air Batu berjarak 220 kilometer, dengan rincian jarak Jambi-Kota Bangko 190 kilometer dan dari Bangko-Desa Air Batu berjarak 30 kilometer. Sementara dari Bungo ke Bangko berjarak sekitar 60 kilometer.

Halaman:

Editor: Nuraini

Sumber: Antaranews

Tags

Terkini

Anti Ribet, Berikut Tips Packing Praktis untuk Liburan!

Selasa, 14 Desember 2021 | 22:54 WIB
X