Permen Karet Penetralisir Covid-19 di Air Liur Tengah Dikembangkan Ilmuwan

- Selasa, 7 Desember 2021 | 10:05 WIB
Ilustrasi virus Covid-19. /dok. Shutterstock
Ilustrasi virus Covid-19. /dok. Shutterstock

 

HALUAN PADANG - Satu tim ilmuwan saat ini tengah mengembangkan permen karet untuk menetralisir Covid-19 dalam air liur. Permen tersebut dicampur dengan protein nabati yang berfungsi sebagai 'perangkap' untuk virus SARS-CoV-2, yang menyebabkan Covid-19.

Nantinya, menurut para ilmuwan, permen karet yang dicampur protein nabati itu dapat mengurangi viral load dalam air liur dan berpotensi mengurangi penularan Covid-19.

Menurut Henry Daniell dari University of Pennsylvania di AS, virus corona atau Covid-19 bereplikasi di kelenjar ludah dan sebagian virus dapat dikeluarkan melalui bersin, batuk, hingga berbicara untuk menjangkau orang lain.

Baca Juga: Belum Ada Laporan Kematian Terkait Omicron Meski Telah Tersebar ke 38 Negara

"Permen karet ini menawarkan kesempatan untuk menetralisir virus dalam air liur, memberi kita cara sederhana untuk mengurangi kemungkinan sumber penularan penyakit," kata Daniell, yang memimpin penelitian yang diterbitkan dalam jurnal 'Molecular Therapy'.

Setelah serangkaian ujicoba para tim yang dipimpin Daniell mengamati bahwa permen karet tersebut kemungkinan bisa mencegah virus atau partikel virus memasuki sel, baik dengan memblokir reseptor ACE2 pada sel atau dengan mengikat langsung ke protein lonjakan.

Akhirnya, tim mengekspos sampel air liur dari pasien Covid-19 ke permen ACE2 dan menemukan bahwa tingkat RNA virus turun sangat drastis hingga hampir tidak terdeteksi.

Baca Juga: Mengenal Varian Covid Omicron, dari Asal Hingga Keganasannya

Tim peneliti saat ini sedang bekerja untuk mendapatkan izin untuk melakukan uji klinis untuk mengevaluasi apakah pendekatan tersebut aman dan efektif ketika diuji pada orang yang terinfeksi Covid-19

Halaman:

Editor: Randi Reimena

Artikel Terkait

Terkini

Anti Ribet, Berikut Tips Packing Praktis untuk Liburan!

Selasa, 14 Desember 2021 | 22:54 WIB
X