Menikmati Keindahan Bentang Alam Pancuang Taba Pesisir Selatan, Negeri di Atas Awan

- Sabtu, 20 November 2021 | 15:47 WIB
Keindahan Bentang Alam Nagari Pancuang Taba, kecamatan IV Nagari Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan (Dok. Pribadi)
Keindahan Bentang Alam Nagari Pancuang Taba, kecamatan IV Nagari Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan (Dok. Pribadi)

 

HALUANPADANGSumatera Barat selain dikenal dengan kuliner khasnya, juga dikenal dengan keindahan bentang alam dan panoramanya.

Salah satu tempat yang mempunyai keindahan bentang alam dan pemandangan panorama yang sangat indah terletak di Kanagarian Pancuang Taba.

Nagari ini merupakan bagian dari kecamatan IV Nagari Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pesisir Selatan, Nagari Pancuang Taba memiliki luas 41,02 km ersegi dengan jarak ke Ibukota Kabupaten adalah 38 km.

Ketika memasuki wilayah ini, pemandangan panorama nan indah langsung menjadi sajian utama. Bentangan sawah yang luas diapit oleh perbukitan sungguh memanjakan mata, sangat cocok disebut dengan zamrud khatulistiwa.

Nagari Pancuang Taba berada di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut dengan wilayah yang dikelilingi oleh perbukitan.

Posisinya yang berada di wilayah perbukitan, membuat nagari ini selalu dikelilingi oleh awan-awan sehingga julukan Negeri di atas awan sangat cocok disematkan untuk nagari ini.

Selain menawarkan bentangan alam yang indah, Nagari Pancuang Taba juga merupakan wilayah penghasil kayu manis dan kemiri.

Produksi kayu manis dan kemiri di nagari ini bisa mencapai tiga ton dalam seminggu. Namaun sayangnya, Nagari Pancuang Taba merupakan salah satu dari banyak destinasi wisata yang jarang diketahui di Sumatera Barat.

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Tags

Terkini

Anti Ribet, Berikut Tips Packing Praktis untuk Liburan!

Selasa, 14 Desember 2021 | 22:54 WIB
X