Segera Punya 13 Desa Wisata, Daya Tarik Pesisir Selatan Bertambah, Wisatawan Punya Banyak Pilihan

- Senin, 8 November 2021 | 19:01 WIB

HALUANPADANG.COM - Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat akan memiliki 13 desa wisata yang nantinya akan tersebar di tujuh kecamatan. Hal ini disampaikan langsung oleh Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pesisir Selatan.

Kepala Disparpora Pesisir Selatan, Suhendri menjelaskan setiap kecamatan nantinya akan memiliki satu desa wisata. Desa wisata tersebut terbentuk karena inisiatif dari masyarakat itu sendiri.

Ia berharap dengan adanya desa wisata ini akan membuat kesejahteraan masyarakat lokal meningkat dan potensi dari nagari tersebut akan dikelola secara maksimal.

Dalam waktu dekat ini, nanti kita bersama Bupati Pesisir Selatan akan mengukuhkan 13 desa wisata yang sudah memiliki SK," ujar Suhendri dikutip dari harianhaluan.com.

Kabupaten Pesisir Selatan merupakan salah satu wilayah yang memiliki destinasi wisata yang beragam. Tercatat sebelum pandemi melanda, Pessel dikunjungi sekitar dua juta orang yang terdiri dari wisatawan lokal dan asing. Angka tertinggi itu, terjadi pada tahun 2018 dan 2019.

Pandemi yang terjadi saat ini membuat pemerintah harus mengatur cara agar wisata kembali hidup. Suhendri menjelaskan Pemerintah Pessel mengoptimalkan segala potensi wisata yang menarik di daerah tersebut. Dari wisata alam, sejarah, bahari, hingga objek wisata karya.

Disparpora Pessel kedepannya akan membuat wisata murah. Hal ini dibuat agar wisatawan bisa membuat pilihan ketika berkunjung ke negeri yang berjuluk sejuta pesona tersebut.

"Kita juga berharap, bahwa tujuan akhirnya bagiamana nanti bisa menciptkan wisata murah, bagaimana masyarakat ekonomi menengah kebawah dapat menikmati wisata dengan biaya murah. Karena saat ini berwisata itu adalah kebutuhan semua orang," tuturnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Pessel telah meminta peran aktif dari pemerintah nagari untuk mengelola anggaran untuk mengembangkan wisata di masing-masing nagari.

Halaman:

Editor: Emen HLN

Terkini

Anti Ribet, Berikut Tips Packing Praktis untuk Liburan!

Selasa, 14 Desember 2021 | 22:54 WIB
X