PPKM Masih Berlanjut, Berikut Aturan Baru Penerbangan Dalam Negeri

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 16:15 WIB
Ilustrasi (Pexels/ Alexandr Podvalny)
Ilustrasi (Pexels/ Alexandr Podvalny)

HALUANPADANG.COM - Kebijakan mengenai pemberangkatan dengan menggunakan jalur udara kembali berubah.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan melalui pernyataan tertulis pada Rabu (6/10).

Regulasi yang diterbitkan pada 5 Oktober 2021 itu menyatakan bahwa untuk bepergian ke wilayah Jawa dan Bali harus menunjukkan kartu vaksin dan PCR.

“Persyaratan perjalanan dengan menggunakan transportasi udara untuk menuju kota di wilayah Pulau Jawa dan Bali ditetapkan yaitu dengan menunjukkan kartu vaksin minimal dosis pertama dan hasil tes PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 2 x 24 jam,” ujar Novie Riyanto selaku Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub dalam pernyataan tertulis, Rabu malam.

Syarat ini sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 49 Tahun 2021 tentang perubahan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 47 Tahun 2021.

Lain lagi halnya dengan perjalanan tujuan di luar wilayah Pulau Jawa dan Bali yang tengah menerapkan  PPKM level 3 dan 4.

Untuk bepergian ke daerah tersebut, penumpang harus menunjukkan kartu vaksin dosis lengkap dan hasil tes PCR yang berlaku 2 x 24 jam atau hasil tes antigen yang berlaku 1 x 24 jam.

“Dirjen Perhubungan Udara juga tengah mempersiapkan konsep aturan perjalanan dengan moda transportasi udara yang merujuk Inmendagri No 49 Tahun 2021,” ucap Novie.

[CC | Geovani De]

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Tags

Terkini

5 Kedai Kopi Kekinian Ini Ternyata Milik Para Artis

Selasa, 9 November 2021 | 15:49 WIB

Turbulensi Tidak Selalu Berbahaya, Ini 5 Faktanya

Minggu, 24 Oktober 2021 | 13:24 WIB
X