Mengenal Revenge Travel, Balas Dendam Berwisata Saat Pandemi

- Sabtu, 25 September 2021 | 16:00 WIB
Ilustrasi (Pixabay)
Ilustrasi (Pixabay)

HALUANPADANG.COM - Indonesia berhasil menekan angka penularan Covid-19 di tengah masyarakat. Bahkan kini, wilayah di Indonesia didominasi oleh zona kuning dan zone oranye yang artinya risiko penyebaran Covid-19 masih bisa ditolerir.

Namun hal itu juga mendatangkan kekhawatiran tersendiri jika nantinya terjadi lonjakan kasus gelombang ketiga. Lonjakan kasus setelah status hijau tersebut bisa terjadi akibat adanya Revenge Travel.

Revenge Travel atau wisata balas dendam adalah tindakan masyarakat untuk berpergian setelah lama berdiam diri di rumah. Pelesir 'balas dendam' banyak dilakukan masyarakat yang telah jenuh melakukan isolasi atau pembatasan diri akibat Covid-19.

Dilansir dari CNN.com, sebuah unggahan di akun Instagram @pandemictalks bisa dibilang menarik. Dalam seri foto grafis yang diterbitkan pada Selasa (7/9), diketahui bahwa banyak wisatawan Indonesia yang melakukan revenge travel.

Pandemic Talks menjabarkan kalau revenge travel disebabkan oleh kebosanan di rumah sampai iri melihat kerabat yang bebas bepergian di tengah pandemi.

Baca Juga: Waspadai Revenge Travel, Sandiaga Uno Larang Wisatawan Copot Masker Saat Selfie

Bahayanya, ada banyak wisatawan revenge travel yang merasa "pongah" karena dirinya mungkin belum pernah terpapar virus corona sampai saat ini (atau mungkin sudah pernah mengalami lalu sembuh), hingga merasa telah mendapat vaksinasi penuh.

Kasus revenge travel yang pernah terjadi di Indonesia ialah kerumunan objek wisata di beberapa daerah saat libur Lebaran 2021 hingga kerumunan di tempat hiburan malam beberapa waktu yang lalu.

"Kerumunan merupakan salah satu hal yang tidak bisa dihindari saat berwisata. Orang yang sering bepergian, apalagi yang kurang menjaga protokol kesehatan, tentu saja lebih berisiko terpapar virus corona saat berwisata," tulis Pandemic Talks.

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Tags

Terkini

Jadwal Kapal Padang - Mentawai, Update Desember 2021

Kamis, 9 Desember 2021 | 12:44 WIB

5 Kedai Kopi Kekinian Ini Ternyata Milik Para Artis

Selasa, 9 November 2021 | 15:49 WIB
X