Waspadai Revenge Travel, Sandiaga Uno Larang Wisatawan Copot Masker Saat Selfie

- Sabtu, 25 September 2021 | 13:07 WIB
Ilustrasi (Pixabay)
Ilustrasi (Pixabay)

HALUANPADANG.COM – Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di sejumlah wilayah di Indonesia sudah mengalami penurunan level, dan beberapa tempat wisata pun sudah kembali dibuka. Namun, bukan berarti kita menjadi kendor soal protokol kesehatan terutama dalam penggunaan masker.

Beberapa waktu lalu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, sempat melarang untuk membuka masker saat mengambil foto maupun selfie di tempat wisata atau keramaian.

Meskipun kini di beberapa tempat wisata sudah melalui screening dan tracking PeduliLindungi, Sandiaga Uno menyoroti masih adanya titik lemah dalam penerapan protokol kesehatan, salah satunya perilaku selfie.

"Apalagi pas lagi foto, pas lagi selfie, wisatawan itu suka copot masker, padahal kita bilang enggak boleh," ujar Sandiaga, dikutip dari Liputan6.com.

Baca Juga: Mengenal Revenge Travel, Balas Dendam Berwisata Saat Pandemi

Hal ini disampaikan ketika melaksanakan uji coba pembukaan 20 tempat wisata selama PPKM level 2 dan 3 pekan lalu. Ia menyayangkan perilaku para pengunjung yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

Bukan hanya soal selfie tanpa masker, ia juga menyoroti antrian panjang ketika pengunjung melakukan pengecekan QR code aplikasi PeduliLindungi lantaran gagal check-in serta gangguan sinyal.

Menurut Sandiaga Uno, protokol kesehatan dan penggunaan PeduliLindungi adalah angin segar untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Dua hal tersebut menjadi poin penting di tengah tingginya minat publik untuk melakukan “revenge travel,” alias wisata “balas dendam” setelah lama menghabiskan waktu di rumah.

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Tags

Terkini

5 Kedai Kopi Kekinian Ini Ternyata Milik Para Artis

Selasa, 9 November 2021 | 15:49 WIB

Turbulensi Tidak Selalu Berbahaya, Ini 5 Faktanya

Minggu, 24 Oktober 2021 | 13:24 WIB
X