Rekomendasi Danau Indah nan Memukau di Sumatera Barat yang Wajib Dikunjungi

- Senin, 6 September 2021 | 10:09 WIB
Danau Biru Sawahlunto (Instagram/delvigustia)
Danau Biru Sawahlunto (Instagram/delvigustia)

 

 

HALUANPADANG.COM – Selain terkenal dengan rendang, ranah minang juga terkenal dengan keindahan alam yang membentang. Bagi wisatawan yang menginginkan wisata alam, Sumatera Barat menjadi salah satu destinasi yang tak boleh dilewatkan. Kontur bukit, gunung, hingga danaunya tiada tandingan.

Sumatera Barat mempunyai lima danau yang menawarkan panorama sangat cantik dan sayang bila dilewatkan. Masing-masing danau mempunyai keistimewaannya masing-masing. Ada yang terbentuk secara alami, ada pula yang terbentuk karena aktivitas masyarakat sekitar dahulunya.

  1. Danau Talang

Danau indah yang tersembunyi ini terletak di Kabupaten Solok. Lokasinya berada di kawasan Gunung Talang. Di Danau Talang Anda akan menemukan bebatuan sisa letusan gunung talang

Transportasi menuju Danau Talang masih terbilang sulit. Kelokan, tanjakan, bukit hingga jurang curam mendominasi perjalanan menuju danau. Meski demikian, panorama yang ditawarkan selama perjalanan menuju danau sangat menakjubkan.

Anda juga bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan di sana, yaitu memancing. Konon, menurut penduduk sekitar ikan di danau ini sangat besar-besar.

  1. Danau Singkarak

Singkarak adalah danau terluas di Sumatera Barat yang membentang pada dua kabupaten, Solok dan Tanah Datar. Danau ini pula yang dijadikan ikon event terbesar Sumatera Barat, Tour de Singkarak (TdS). TdS adalah event balap sepeda yang digabungkan dengan pariwisata. Rutenya menempuh lansekap keindahan alam Sumbar.

Konon ikan bilih adalah endemik yang hanya hidup di Singkarak. Ikan berukuran kecil-kecil itulah yang kemudian menjadi sumber penghidupan masyarakat sekitar danau. Kebanyakan dari mereka berprofesi sebagai nelayan. Sementara lainnya ada pula yang membuka warung di tepian danau dengan menawarkan menu utama berbahan ikan bilih.

  1. Danau kembar

Danau ini terdiri dari dua tempat, yaitu danau di atas dan danau di bawah. Letaknya yang di ketinggian membuat danau ini memiliki pemandangan alam yang luar biasa. sebelum sempat menikmati keindahan Danau Diatas, terlebih dahulu akan disajikan bentangan alam Danau Dibawah yang bisa dilihat di sisi jalan Alahan Panjang, Kabupaten Solok.

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Tags

Terkini

5 Kedai Kopi Kekinian Ini Ternyata Milik Para Artis

Selasa, 9 November 2021 | 15:49 WIB

Turbulensi Tidak Selalu Berbahaya, Ini 5 Faktanya

Minggu, 24 Oktober 2021 | 13:24 WIB
X