Ingin Menepi Menenangkan Diri , Lima Hutan Di Sumatera Barat Ini Bisa Dijadikan Alternatif Liburan

- Minggu, 5 September 2021 | 17:54 WIB
 (https://pesona.travel Rimbo Panti)
(https://pesona.travel Rimbo Panti)

 

 

HALUANPADANG.COM – Hutan menjadi salah satu sumber daya alam yang berpotensi sebagai wisata alam. Saat ini ada begitu banyak hutan yang sudah ditata rapi oleh pengelolanya sehingga cocok untuk dijadikan alternatif liburan.

Hutan yang instagenik atau instagramable jadi incaran para traveler dalam beberapa tahun ke belakang.

Saat pikiran sudah mulai lelah dengan hiruk pikuk pekerjaan sehari-hari, tak ada salahnya menepi dan menenangkan diri dengan mengunjungi sejumlah lokasi wisata bertemakan hutan. Berikut sejumlah lokasi wisata hutan yang bisa dijadikan alternatif berlibur di Sumatera Barat:

  1. Taman Wisata Hutan Mangrove Pariaman

Terletak di Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara, lokasi wisata ini merupakan salah satu tujuan wisata yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Pariaman. Memiliki luas delapan hektare, lokasi ini menyuguhkan spot lokasi menarik yang bisa djadikan tempat bagi pengunjung untuk berswafoto.Di lokasi tersebut juga terdapat Jalur tracking sepanjang 50 meter dengan lebar satu setengah meter.

Dijadikannya hutan mangrove sebagai tempat wisata diharapkan dapat mengubah perilaku masyarakat setempat. Masyarakat yang sebelumnya menebang mangrove, diharapkan bisa beralih untuk menjaga dan melestarikannya agar wisatawan terus berdatangan.

  1. Hutan Seragon

Taman hutan yang satu ini letaknya tak jauh-jauh dari Kota Padang. Menepi sedikit dari pusat kota kita akan menemukan wisata alam yang bisa menenangkan pikiran. Letaknya tak jauh dari lokasi pemandian alam yang dikenal dengan nama Pamandian Alam Lori, Lubuk Minturun, Padang. Hutan ini terdiri dari barisan pohon sengon yang berjejer rapi sehingga menarik untuk dijadikan sebagai latar foto yang instagrammable.

  1. Hutan Kota dan Taman Satwa Pasaman Barat

Selain dijadikan sebagai daerah resapan, kawasan ini berfungsi sebagai tempat rekreasi bagi masyarakat sekitar. Di lokasi terdapat berbagai jenis tanaman seperti pohon banio, mahoni, bambu kuning, ketaping, surian, cubadak hutan dan tanaman buah-buahan. ‎

Selain itu juga ditempatkan berbagai jenis satwa seperti Siamang, Landak, Buaya, Ular, Monyet, Kera, Rusa, Beruang, Burung Merpati, Burung Hantu dan Beo. Meskipun berkonsep hutan, fasilitas pendukung seperti panggung hiburan, kolam pancing, gazebo, cafetarian, camping ground mushalla dan toilet juga tersedia bagi pengunjung.

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Tags

Terkini

5 Kedai Kopi Kekinian Ini Ternyata Milik Para Artis

Selasa, 9 November 2021 | 15:49 WIB

Turbulensi Tidak Selalu Berbahaya, Ini 5 Faktanya

Minggu, 24 Oktober 2021 | 13:24 WIB
X