Sama-sama Rugikan Nasabah Bank, Ketahui Perbedaan Skimming dan Phishing

- Jumat, 20 Mei 2022 | 17:30 WIB
Ilustrasi kejahatan skimming. (Pixabay/mrganso) (Pixabay/mrganso)
Ilustrasi kejahatan skimming. (Pixabay/mrganso) (Pixabay/mrganso)

HALUAN PADANG - Di era sekarang kejahatan mencakup ranah digital berbagai cara pun ditempuh pelaku untuk berhasil mengambil keuntungan.

Dalam menjalankan aksinya cyber crime pelaku sudah mahir dan teknologi yang digunakan juga semakin canggih. Salah satu kejahatan di ranah digital adalah skimming dan phishing.

Dilansir Tempo.co, kejahatan siber di sektor keuangan dibagi menjadi dua yakni sosial engineering dan skimming.

Baca Juga: Waspada! Ini Ciri-ciri ATM yang Dipasang Alat Skimming dan Banyak di SPBU

Sosial engineering adalah manipulasi psikologis seseorang dengan tujuan mendapatkan informasi tertentu atau melakukan sesuatu dengan menggunakan tipuan secara halus disadari maupun tidak melalui telepon atau berbincang langsung.

Sedangkan skimming adalah tindak pencurian informasi dengan cara menyalin informasi yang terdapat dalam strip magnetik kartu debit atau kartu kredit secara ilegal.

Teknik dasar dalam memperoleh informasi menggunakan modus sosial engineering bermacam-macam tetapi ada tiga yang lumrah digunakan.

Phishing
Yakni mengelabui orang untuk mendapatkan informasi rahasia seperti password dengan menyamar sebagai pebisnis terpercaya dan menghubungi korban melalui komunikasi elektronik. Biasanya digunakan media email, layanan pesan instan, atau melalui sebaran link palsu di internet yang diarahkan ke korban dan sudah dirancang untuk menipu

Vishing
Usaha penipuan dengan melakukan pendekatan terhadap korban untuk mendapatkan informasi atau mempengaruhi korban untuk melakukan tindakan. Biasanya modus ini dilakukan melalui sambungan telepon.

Impersonation
Upaya penipuan berpura-pura menjadi orang lain dengan maksud mendapatkan informasi rahasia dan penting dari korban.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Tempo.co

Tags

Terkini

Gampang! Begini Cara Melacak Nomor Tak Dikenal

Senin, 6 Juni 2022 | 09:24 WIB
X