Canggih! Android 13 Akan Dibekali Teknologi Deteksi Gempa Bumi

- Selasa, 17 Mei 2022 | 08:15 WIB
Ilustrasi Android 13 (Android Authority) (Ida Farida)
Ilustrasi Android 13 (Android Authority) (Ida Farida)

HALUAN PADANG - Google akan membekali teknologi baru di sistem operasi (OS) Android 13 yakni peringatan gempa bumi. Kabar tersebut disampaikan, dalam konferensi pengembang tahunan Google I/O.

Dalam penjelasanya, fitur baru yang dikembangkan built-in di Android 13 ini punya dua bagian utama. Seperti dilansir dari Gizchina, Senin (16/5/ 2022).

Pendeteksian gempa ini akan menggunakan akselerometer yang ada di smartphone saat ini yang akan mendeteksi perubahan yang relevan bisa menentukan terjadinya gempa bumi.

Baca Juga: Cek Smartphone Kalian! Android 13 Beta Tersedia pada 22 Ponsel dan Tablet Ini

Nantinya saat smartphone mendeteksi adanya gempa bumi, maka akan dikirimkan sinyal ke layanan pendeteksi gempa bumi Google dan melaporkan kemungkinan lokasinya.

Kemudian, server akan lakukan kombinasi dengan berbagai informasi sehingga diketahui apakah gempa bumi benar-benar terjadi. Kemudian sistem akan menentukan di mana lokasi gempa bumi dan seberapa besar skalanya.

Terakhir, sistem akan mengirimkan peringatan atau menghubungi kontak darurat. Tetapi fitur seperti ini, bukan hal baru bagi pengguna smartphone di China.

Bahkan sebelumnya, Xiaomi, Huawei, atau smartphone lainnya telah memiliki sistem peringatan gempa bumi yang ditersedia secara built-in di ponsel.(*)

 

Editor: Nova Anggraini

Sumber: sindonews.com

Tags

Terkini

Gampang! Begini Cara Melacak Nomor Tak Dikenal

Senin, 6 Juni 2022 | 09:24 WIB
X